HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS BERBASIS TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SUKOHARJO II KABUPATEN PRINGSEWU

GARNIS DESE ININTA, 1313053067 (2017) HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS BERBASIS TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SUKOHARJO II KABUPATEN PRINGSEWU. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1830Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2161Kb)

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPS, aktivitas dalam pembelajaran kurang mendukung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara aktivitas belajar dengan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Sukoharjo II. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster proportional random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran. Variabel terikat pada penelitian ini adalah prestasi belajar IPS siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan sangat erat antara aktivitas belajar dengan prestasi belajar IPS berbasis tematik siswa kelas IV SD Negeri 2 Sukoharjo II Kabupaten Pringsewu. Kata Kunci: aktivitas belajar, prestasi belajar dan IPS abstract The problem in this research is low achievement of social studies and activity in learning less support. The purpose of this research is to determine the relationship between learning activities with student achievement. The method of this research is descriptive correlation. Population in this research is all IV graders of SD Negeri 2 Sukoharjo II. The sampling technique in this study used cluster proportional random sampling technique. Independent variable in this research is student learning activity in learning. The dependent variable in this study is student's social studies learning achievement. Data collection techniques used are observation, documentation, and tests. The results of this study indicate that there is a positive and very close relationship between learning activities with learning achievement IPS-thematicbased fourth-grade students SD Negeri 2 Sukoharjo II Pringsewu District. Keywords: learning activity, learning achievement and social studies

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 54149527 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2017 04:47
Terakhir diubah: 21 Jun 2017 04:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27102

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir