PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 METRO TIMUR

MELIA ROSALINA DEWI, 1313053096 (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1938Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1497Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IVB SD Negeri 10 Metro Timur pada mata pelajaran matematika. Hasil belajar rendah ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal siswa yang hanya mencapai 40 %. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan media grafis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus. Tahapan masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan tes, alat pengumpul data berupa lembar observasi untuk menilai kinerja guru, hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotor, soal tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan media grafis dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IVB SD Negari 10 Metro Timur Tahun pelajaran 2016/2017. Rata-rata nilai afektif siklus I 55,57 dengan kategori cukup baik dan siklus II 77,75 dengan kategori baik, meningkat 22,38%. Rata-rata nilai psikomotor siklus I 60,83 dengan kategori baik dan siklus II 79,17 dengan kategori baik, meningkat 18,34%. Rata-rata nilai hasil belajar siklus I yaitu 65,25 dengan kategori baik, meningkat pada siklus II sebesar 10,50 menjadi 75,75 dengan kategori baik. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I (60,00%) dan pada siklus II (80,00%). Kata kunci : hasil belajar, matematika, strategi pembelajaran berbasis masalah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 21242692 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2017 06:16
Terakhir diubah: 21 Jun 2017 06:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27119

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir