PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI KARANG SARI KECAMATAN PADANG RATU

DEFITA PURBA SARI, 1313053029 (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI KARANG SARI KECAMATAN PADANG RATU. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2079Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1395Kb) | Preview

Abstrak

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa belum optimal karena belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan model cooperative learning tipe rotating trio exchange (RTE). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action reseach). Prosedur dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan (planing), pelaksanaan (acting), observasi (observing), refleksi (reflecting). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes, menggunakan lembar observasi dan soal tes untuk mengukur kinerja guru, aktivitas dan hasil belajar siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe rotating trio exchange (RTE). Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, matematika, rotating trio exchange.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 53925103 . Digilib
Date Deposited: 05 Jul 2017 07:35
Terakhir diubah: 05 Jul 2017 07:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27157

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir