ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP (Studi Deskriptif Pelaksanaan Praktikum Se-Kecamatan Rajabasa Kotamadya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017)

AULIA ZAKIA, 1313024098 (2017) ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP (Studi Deskriptif Pelaksanaan Praktikum Se-Kecamatan Rajabasa Kotamadya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (711Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (580Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pelaksanaan praktikum dan (2) permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan praktikum pada materi organisasi kehidupan di SMP kelas VII se-Kecamatan Rajabasa Kotamadya Bandar Lampung. Sampel penelitian ini adalah guru IPA kelas VII di Kecamatan Rajabasa Kotamadya Bandar Lampung yang melaksanakan praktikum materi organisasi kehidupan yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif yang diperoleh dari angket, wawancara, foto atau video, lembar observasi permasalahan praktikum, lembar observasi tahapan pelaksanaan praktikum, perangkat pembelajaran seperti Lembar Kerja Siswa-praktikum/ Lembar Kerja Peserta Didik-praktikum (LKS-praktikum/LKPD-praktikum), dan biodata mengenai pendidikan guru IPA. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dengan triangulasi instrumen, yaitu penggunaan beberapa instrumen untuk mengumpulkan data dalam penelitian. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Milles dan Huberman yang terdiri dari 3 kegiatan yaitu, mereduksi data, menyajikan data (model data), dan melakukan penarikan/verifikasi kesimpulan dalam bentuk kata-kata atau kalimat setelah diperoleh data dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan dengan rata-rata persentase pelaksanaan praktikum yang dilakukan oleh guru dan siswa berkriteria sangat baik dan tahapan pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan berkriteria sangat baik, serta kemampuan guru dalam menyusun LKS-praktikum/LKPD-praktikum berkriteria sangat baik. Permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan praktikum yaitu keterbatasan alat untuk praktikum seperti mikroskop, dan keterbatasan bahan seperti preparat awetan tumbuhan dan hewan serta keterbatasan sarana dan prasarana seperti belum tersedianya ruang khusus praktikum (laboratorium IPA). Kata kunci: organisasi kehidupan, pelaksanaan praktikum, permasalahan praktikum, guru IPA, LKS-praktikum

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 21429326 . Digilib
Date Deposited: 13 Jul 2017 04:12
Terakhir diubah: 13 Jul 2017 04:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27223

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir