SIKAP TERHADAP BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 TULANG BAWANG UDIK KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

SKRIPSI WAHYU RIYANTI, 1313041090 (2017) SIKAP TERHADAP BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 TULANG BAWANG UDIK KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (891Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (630Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap siswa terhadap bahasa Indonesia, faktor pembentukan sikap siswa terhadap bahasa Indonesia, dan implikasi sikap siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Tulang Bawang Udik Kabupaten Tulang Bawang Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari siswa kelas X1 SMA Negeri 2 Tulang Bawang Udik Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuesioner dan wawancara, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap siswa terhadap bahasa Indonesia berada pada kategori sangat positif, yaitu dengan indeks 0,83. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa indikator terendah diperoleh pada indikator sikap menyadari adanya norma bahasa Indonesia, yaitu dengan indek sebesar 0,82, sedangkan indikator sikap setia terhadap bahasa Indonesia dan indikator sikap bangga terhadap bahasa Indonesia berada pada kategori indeks yang sama, yaitu 0,83. Hasil wawancara menunjukkan bahwa mereka mengetahui fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia, mereka akan mempertahankan dan melestarikan bahasa Indonesia, mereka mengetahui bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan mereka akan senang dan menerima teguran apabila mereka melakukan kesalahan saat menggunakan bahasa Indonesia, mereka merasa malu jika menggunakan bahasa Indonesia secara tidak baik dan benar, dan mereka juga menganggap bahwa bahasa Indonesia perlu diperkenalkan di luar negeri. Faktor pengalaman menjadi faktor paling dominan mempengaruhi sikap siswa terhadap bahasa Indonesia, yaitu sebesar 79%. Kemudian disusul dengan faktor emosi sebesar 62%, faktor media massa sebesar 56%, dan faktor lingkungan sebesar 50%. Hasil penelitian sikap siswa terhadap bahasa Indonesia diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Tulang Bawang Udik terkait KD 3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan drama/film yang dibaca atau ditonton dan KD 4.19 Mendemonstrasikan sebuah naskah drama/film dengan memperhatikan isi dan kebahasan. Kata kunci: Sikap siswa terhadap bahasa Indonesia, faktor pembentukan sikap siswa, implikasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 73155142 . Digilib
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:39
Terakhir diubah: 17 Jul 2017 07:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27271

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir