TINDAK TUTUR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMK NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

JULEHA, 1313041040 (2017) TINDAK TUTUR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMK NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1086Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (805Kb) | Preview

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah tindak tutur siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X SMK Negeri 4 Bandar Lampung. Dengan demikian, tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan jenis tindak tutur siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, beserta kelangsungan tindak tutur tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Sumber data diperoleh dari tindak tutur siswa kelas X AK3 dan X AK4 SMK Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Pengumpulan data menggunakan teknik catatan lapangan dan teknik rekam, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis heuristik. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui tindak tutur siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia berupa tindak tutur asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif. Tindak tutur asertif (mengatakan, melaporkan, dan menyebutkan); direktif (menyuruh, memohon, menuntut, menyarankan, dan menantang); komisif (berjanji, bersumpah, dan mengancam); ekspresif (memuji, mengucapkan terima kasih, mengkritik, menyelak); dan deklaratif (memutuskan, membatalkan, melarang, mengizinkan, memberi maaf). Jenis ekspresi tersebut dituturkan secara langsung maupun tidak langsung. Tindak tutur langsung ditemukan 228 data, sedangkan tindak tutur tidak langsung ditemukan 31 data dengan modus tuturan berita (deklaratif), tuturan tanya (interogatif), dan kalimat perintah (imperatif). Kata Kunci: tindak tutur,kelangsungan tuturan dan jenis ekpresi tuturan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 60919820 . Digilib
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:44
Terakhir diubah: 17 Jul 2017 07:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27272

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir