DWI MAISAROH, 1313023020 (2017) PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1187Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1074Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan, keefektifan, dan ukuran pengaruh pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan model mental dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Metode penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Terpilih kelas X.2 dan X.7 SMA Negeri 16 Bandar Lampung sebagai kelas perlakuan dari sepuluh kelas yang ada. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran discovery learning memiliki kepraktisan yang sangat tinggi dalam meningkatkan kemampuan model mental dan penguasaan konsep siswa. Terlihat dari hasil yang diperoleh, dimana keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa selama pembelajaran yang berkategori sangat tinggi. Pembelajaran discovery learning memiliki keefektifan yang sangat tinggi dalam meningkatkan kemampuan model mental dan penguasaan konsep siswa, hal ini ditunjukkan dengan hasil yang diperoleh pada hasil kemampuan guru dan aktivitas siswa yang berkategori sangat tinggi. Hasil dari tes model mental sebelum pembelajaran discovery learning pada kedua kelas perlakuan diperoleh hasil berkategori buruk sekali dan buruk, setelah pembelajaran discovery learning mengalami peningkatan menjadi berkategori sedang dan baik. Peningkatan kemampuan model mental ditunjukkan dari rerata n-Gain setelah pembelajaran discovery learning yang berkategori sedang. Kemampuan penguasaan konsep siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan rerata n-Gain setelah pembelajaran discovery learning berkategori sedang. Perhitungan ukuran pengaruh menunjukkan bahwa lebih dari 90% peningkatan kemampuan model mental dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dipengaruhi oleh pembelajaran discovery learning. Kata kunci: pembelajaran discovery learning, model mental, penguasaan konsep, larutan elektrolit dan non elektrolit
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 93645705 . Digilib |
Date Deposited: | 18 Jul 2017 06:31 |
Terakhir diubah: | 18 Jul 2017 06:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27281 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |