PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

DINI ANDRIANI, 1313023018 (2017) PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3761Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3762Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian dengan One Group Pretes-Posttes Desaign ini bertujuan mendeskripsikan kepraktisan dan keefektifan serta effect size pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan metakognisi dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.9 dan X.10 SMA Negeri 16 Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Kepraktisan diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP dan respon siswa. Kefeektifan diukur melalui kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siwa selama proses pembelajaran, peningkatan kemempuan metakognisi dan penguasaan konsep siswa. Ukuran pengaruh pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan metakognisi dan penguasaan konsep siswa dihitung menggunakan rumus Abujahjouh (2014). Kemampuan metakognisi ditunjukkan dengan skor responden siswa pada angket dan penguasaan konsep siswa diukur melalui nilai n-Gain. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran discovery learning memiliki kepraktisan untuk meningkatkan kemampuan metakognisi dan penguasaaan konsep siswa yang dibuktikan dengan keterlaksanaan RPP dan respon siswa yang tergolong sangat tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan pembelajaran discovery learning memiliki keefektifan yang sangat tinggi dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan penguasan konsep. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan metakognisi meningkat dari kriteria tinggi ke sangat tinggi, n-Gain penguasaan konsep siswa memiliki krteria sedang, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas siswa dalam kegiatan memiliki kriteria sangat tinggi. Pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan metakognisi dan penguasaan konsep siswa yang dibuktikan dengan nilai effect zise yang besar. Kata Kunci : discovery learning, keefektifan, kemampuan metakognisi, kepraktisan, penguasaan konsep.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 39374551 . Digilib
Date Deposited: 19 Jul 2017 03:30
Terakhir diubah: 19 Jul 2017 03:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27297

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir