LILIK ROBI’ATUN, 1423021033 (2017) PENGEMBANGAN LKPD PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Integral Minhajuth Thullab Way Jepara Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2742Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2150Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRACT This study aims to determine the process and results of the development of worksheet students problem based learning and its effectiveness on mathematical critical thinking skills and mathematical disposition of students. This research started from preliminary study, preparation of worksheet students, validation of worksheet students, initial field test, and field test. The subjects of this study are students of class VIII SMP Integral Minhajuth Thullab Way Jepara Lampung Timur Lesson 2016/2017. Research data were obtained through critical mathematical thinking tests and mathematical disposition scales. Effectiveness test was conducted to determine the effect of worksheet students problem based learning on mathematical critical thinking ability and mathematical disposition trend analysis of students. Preliminary study results indicate the need to develop worksheet students. The preparation of worksheet students is done by drafting the worksheet students and all its components based on the guidance of worksheet students preparation from Mone 2008. worksheet students problem based learning for learning material of equation of straight line of class VIII SMP consist of beginning, core, and end. The validation results indicate that worksheet students has met the content and design feasibility standards. Preliminary field trials indicate that worksheet students is included in either category. The results of the effectiveness test of worksheet students showed that students have met the minimum mastery criteria in critical mathematical thinking ability. The tendency of mathematical disposition of students after using worksheet students problem based learning shows a significant change. Keywords: Critical Thinking, Worksheet Students, Problem Based Learning, Mathematical Disposition. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) serta efektivitasnya terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan disposisi matematis siswa. Penelitian ini diawali dari studi pendahuluan, penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Integral Minhajuth Thullab Way Jepara Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Data penelitian diperoleh melalui tes berpikir kritis matematis dan skala disposisi matematis. Uji efektivitas dilakukan untuk mengetahui pengaruh LKPD PBM terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan analisis kecenderungan disposisi matematis siswa. Hasil studi pendahuluan menunjukkan kebutuhan dikembangkannya LKPD. Penyusunan LKPD dilakukan dengan menyusun draft LKPD dan semua komponennya berdasarkan panduan penyusunan LKPD dari Depdiknas 2008. LKPD PBM untuk materi pembelajaran persamaan garis lurus kelas VIII SMP terdiri dari bagian awal, inti, dan akhir. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD telah memenuhi standar kelayakan isi dan desain. Hasil uji coba lapangan awal menunjukkan bahwa LKPD termasuk dalam kategori baik. Hasil uji efektivitas penggunaan LKPD menunjukkan siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal dalam kemampuan berpikir kritis matematis. Kecenderungan disposisi matematis siswa setelah menggunakan LKPD PBM menunjukkan perubahan yang signifikan. Kata kunci : berpikir kritis, LKPD, PBM, disposisi matematis.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QA Mathematics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 9079215 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 07:27 |
Terakhir diubah: | 26 Jul 2017 07:27 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27402 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |