EFEKTIVITAS LKS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KONSEP LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI GENDER

RIDO YUSUF ABADI , 1313023069 (2017) EFEKTIVITAS LKS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KONSEP LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI GENDER. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1446Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1222Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektivan dari LKS berbasis pen-dekatan saintifik pada materi konsep laju reaksi dalam meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) ditinjau dari gender siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 13 Bandar Lampung pada semester ganjil tahun 2016/2017. Sampel yang didapat adalah kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 yang diperoleh dengan teknik purposive sampling melalui undian. Metode peneliti-an yang digunakan adalah kuasi eksperi¬men dengan The Matching Only Pretest and Posttest Control Group Design. Efektivitas penerapan LKS berbasis pendekatan saintifik ditunjukkan oleh perbedaan n-Gain KPS antara siswa kelas kontrol dan eksperimen. Teknik analisis yang digunakan adalah uji ANOVA dua jalur dan uji Mann Whitney U. Kesimpulan yang didapatkan adalah LKS berbasis pendekatan saintifik pada materi konsep laju reaksi efektif dalam meningkatkan KPS ditinjau dari gender siswa; tidak ada interaksi antara pemberian LKS berbasis pendekatan saintifik dengan KPS siswa laki-laki dan perempuan (gender) dalam mempelajari konsep laju reaksi; KPS siswa dengan pembelajaran menggunakan LKS berbasis pendekatan saintifik lebih tinggi daripada pembelajaran menggunakan LKS kon-vensional; KPS siswa laki-laki dan perempuan pada pembelajaran menggunakan LKS berbasis pendekatan saintifik lebih tinggi daripada siswa laki-laki dan perempuan pada pembelajaran menggunakan LKS konvensional; KPS siswa laki-laki lebih tinggi daripada siswa perempuan pada pembelajaran menggunakan LKS berbasis pendekatan saintifik. Kata kunci: LKS berbasis pendekatan saintifik, KPS, konsep laju reaksi, gender

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 5951634 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2017 02:52
Terakhir diubah: 25 Jul 2017 02:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27405

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir