ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP (Studi Deskriptif Pelaksanaan Praktikum se-Kecamatan Sukarame Kotamadya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017)

LARASATI DHIAN PERTIWI , 1313024048 (2017) ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP (Studi Deskriptif Pelaksanaan Praktikum se-Kecamatan Sukarame Kotamadya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1641Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1376Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan praktikum dan permasalahan-nya pada materi organisasi kehidupan. Desain yang digunakan ialah desain riset eksploratori. Sampel dalam penelitian ini adalah guru IPA kelas 7 di SMPN 21 Bandar Lampung sejumlah 3 guru dan SMPN 24 Bandar Lampung sejumlah 1 guru yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pendekatan kualitatif di-pergunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh deskripsi mengenai pelaksa-naan praktikum dan permasalahannya pada materi organisasi kehidupan. Teknik pengambilan data menggunakan angket tanggapan serta wawancara pada guru dan siswa yang mencakup pelaksanaan praktikum dan permasalahannya, selain itu data didukung oleh foto, lembar observasi pelaksanaan praktikum, LKS/ LKPD praktikum, serta daftar ceklis permasalahan praktikum. Analisis dilakukan secara deskriptif menggunakan model Miles dan Hubermann. Hasil penelitian me-ngenai pelaksanaan praktikum oleh guru berkriteria baik, sedangkan pelaksanaan praktikum oleh siswa, motivasi dalam pelaksanaan praktikum oleh guru dan sis-wa, serta evaluasi laporan hasil praktikum oleh guru dan pembuatan laporan hasil praktikum oleh siswa berkriteria sangat baik. Tahapan pelaksanaan praktikum di sekolah memperoleh kriteria baik dan penyusunan LKS/LKPD praktikum mempe-roleh kriteria baik. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan praktikum materi orga-nisasi kehidupan di SMP se-Kecamatan Sukarame memperoleh kriteria sangat ba-ik, dan permasalahan yang dijumpai dalam pelaksanaan praktikum yaitu kurang-nya peran guru IPA, dan bahan praktikum yang masih harus dibawa siswa. Kata kunci: Pelaksanaan, Permasalahan, Praktikum, Organisasi Kehidupan, Guru IPA, LKS-praktikum

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 64667873 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2017 08:49
Terakhir diubah: 25 Jul 2017 08:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27454

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir