ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP (Studi Deskriptif Pelaksanaan Praktikum se-Kecamatan Kedamaian Kotamadya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017)

MEITA DWI SOLVIANA, 1313024054 (2017) ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP (Studi Deskriptif Pelaksanaan Praktikum se-Kecamatan Kedamaian Kotamadya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2598Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2331Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pelaksanaan praktikum dan permasalahannya pada materi organisasi kehidupan di kelas VII SMP se-Kecamatan Kedamaian Kotamadya Bandar Lampung. Sampel penelitian adalah guru IPA kelas VII yang melaksanakan praktikum materi organisasi kehidupan sebanyak 6 orang dan perwakilan siswa kelas VII di SMP se-Kecamatan Kedamaian Kotamadya Bandar Lampung yang sebanyak 197 siswa. Sampel dipilih dengan teknik sampling jenuh, yakni guru yang melaksanakan praktikum materi organisasi kehidupan di SMP Pajajaran Bandar Lampung, SMP Swasta 20 Bandar Lampung, SMP Nusantara, dan SMP N 5 Bandar Lampung dan beberapa siswa dari tiap sekolah dipilih dengan teknik two stage cluster sampling untuk dijadikan perwakilan siswa. Data penelitian berupa data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan di SMP kelas VII se-Kecamatan Kedamaian Kotamadya Bandar Lampung pada tahun pelajaran 2016/2017 yang dilakukan oleh guru dan siswa memiliki kriteria sangat baik dengan tahapan pelaksanaan praktikum yang dilakukan oleh guru dan siswa, serta LKS-praktikum yang disusun guru memiliki kriteria baik. Kendala menjadi permasalahan praktikum, yakni: (1) keterbatasan jumlah mikroskop cahaya dan jumlah preparat awetan sel hewan serta sel tumbuhan yang tidak memenuhi kebutuhan siswa sesuai kapasitasnya; (2) tempat praktikum yang tidak tersedia; (3) keterbatasan kemampuan psikomotorik siswa dalam pembuatan preparat basah sel tumbuhan; serta (4) kemenarikan LKS praktikum yang digunakan masih dikategorikan cukup baik. Kesimpulan penelitian, yakni pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan di SMP kelas VII se-Kecamatan Kedamaian Kotamadya Bandar Lampung pada tahun pelajaran 2016/2017 berkriteria sangat baik. Terdapat permasalahan praktikum, yakni keterbatasan alat-alat praktikum. Kata kunci: guru IPA, LKS-praktikum, organisasi kehidupan, pelaksanaan praktikum, permasalahan praktikum,

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 79452784 . Digilib
Date Deposited: 26 Jul 2017 03:03
Terakhir diubah: 26 Jul 2017 03:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27461

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir