ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP (Studi Deskriptif Pelaksanaan Praktikum se-Kecamatan Tanjungkarang Pusat Kotamadya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017)

Mezza Monica, 1313024055 (2017) ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP (Studi Deskriptif Pelaksanaan Praktikum se-Kecamatan Tanjungkarang Pusat Kotamadya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1400Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1546Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil pelaksanaan praktikum dan permasalahannya pada materi organisasi kehidupan di SMP se-Kecamatan Tanjungkarang Pusat Kotamadya Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan desain riset eksploratori. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu guru IPA kelas VII yang melaksanakan praktikum materi organisasi kehidupan di SMP se-Kecamatan Tanjungkarang Pusat Kotamadya Bandar Lampung sebanyak lima orang. Data penelitian berupa data deskriptif mengenai gambaran: (1) pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan; (2) motivasi guru dan siswa terhadap pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan; (3) evaluasi laporan hasil praktikum materi organisasi kehidupan oleh guru; dan (4) pembuatan laporan hasil praktikum materi organisasi kehidupan oleh siswa. Teknik pengambilan data menggunakan triangulasi instrumen berupa angket, daftar wawancara, dan observasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan guru terhadap pelaksanaan praktikum, tanggapan siswa terhadap pelaksanaan praktikum, tahapan pelaksanaan praktikum, dan LKS-praktikum yang disusun guru secara berturut-turut memperoleh skor 75,21%, 76,10%, 69,91%, dan 49,73%. Simpulan penelitian ini adalah pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan di SMP kelas VII se-Kecamatan Tanjungkarang Pusat Kotamadya Bandar Lampung pada tahun pelajaran 2016/2017 yang dilakukan oleh guru dan siswa memiliki kriteria baik, tahapan pelaksanaan praktikum memiliki kriteria baik, dan LKS-praktikum yang disusun guru memiliki kriteria cukup baik. Permasalahan yang muncul dalam kegiatan praktikum yaitu keterbatasan; (1) sarana laboratorium, (2) jumlah mikroskop cahaya, dan (3) jumlah preparat awetan sel hewan dan sel tumbuhan. Kata kunci: guru IPA, lks praktikum, organisasi kehidupan, pelaksanaan praktikum, permasalahan praktikum

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 17996262 . Digilib
Date Deposited: 26 Jul 2017 02:19
Terakhir diubah: 26 Jul 2017 02:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27462

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir