YUDHI SETIAWAN , 1013022019 (2017) PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PEMANFAATAN PERANGKAT WIIMOTE WHITEBOARD BAGI GURU DALAM MEMBELAJARKAN FISIKA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1005Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (953Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa video tutorial pemanfaatan perangkat wiimote whiteboard bagi guru dalam membelajarkan fisika, selain itu juga untuk mengetahui kebermanfaatan, kemudahan, dan kemudahan produk video tutorial, serta mengetahui efektivitas produk video tutorial pemanfaatan perangkat wiimote whiteboard.. subjek penelitian ini adalah guru IPA di Bandar Lampung dengan jumlah responden sebanyak 10 guru, dalam hal ini 3 guru SMP, 2 guru SMA, dan 4 guru SMK. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) Suyanto dan Sartinem, dengan prosedur pelaksanaan mengacu pada prosedur pengembangan produk yang terdiri dari tujuh langkah, yaitu: (1) analisis kebutuhan pengembangan, (2) identifikasi sumberdaya, (3) identifikasi spesifikasi produk, (4) pengembangan produk, (5) uji internal, (6) uji eksternal, dan (7) produksi. Berdasarkan hasil uji ahli desain dan uji uatan produk, produk video tutorial pemanfaatan wiimote whiteboard telah sesuai dengan desain yang direncanakan dan layak untuk digunakan sebagai panduan untuk memanfaatkan perangkat wiimote whiteboard. Dari hasil uji internal diketahui skor kemenarikan sebesar 3,4 (sangat menarik), kemudahan 3,2 (mudah digunakan), dan kemanfaatan sebesar 3,2 (bermanfaat), sedangkan uji eksternal menghasilkan nilai N-Gain 0,84, sehingga produk dinyatakan efektif dan efisien. Kata kunci: penelitian pengembangan, video tutorial, wiimote whiteboard
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 98504674 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 01:53 |
Terakhir diubah: | 26 Jul 2017 01:53 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27464 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |