FINCE GRASELLA SIMAMORA, 1313022026 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM (LCDS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1095Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (946Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Kemajuan teknologi berdampak pada inovasi pengembangan bahan ajar siswa yang lebih menarik dan interaktif. Salah satunya yaitu modul interaktif berbasis LCDS yang efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah modul pembelajaran berbasis LCDS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan bagaimanakah pemahaman konsep siswa pada materi hukum Newton tentang gravitasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 13 Bandarlampung yang merupakan studi eksperimen dengan menggunakan non-equivalent control group design, dengan sampel dari lima kelas X MIPA. Kelas eksperimen yaitu kelas X MIPA 3 yang diberikan perlakuan menggunakan modul berbasis LCDS, sedangkan kelas kontrol yaitu kelas X MIPA 4 menggunakan buku siswa dari sekolah. Instrumen tes yang digunakan adalah soal pilihan jamak dengan derajat CRI. Teknik analisis data hasil belajar siswa menggunakan skor N-gain dan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent T-Test. Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,022 < 0,55. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan modul pembelajaran berbasis LCDS memiliki peningkatan signifikan terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata nilai N-gain pada kelas kontrol sebesar 0,45 dan rata-rata nilai N-gain pada kelas eksperimen 0,55. Berdasarkan analisis CRI diperoleh kategori siswa yang tahu konsep sebesar 71,66%. Kata kunci: hukum newton tentang gravitasi, LCDS, modul, pemahaman konsep
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 25611668 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 02:31 |
Terakhir diubah: | 26 Jul 2017 02:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27466 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |