PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA DAN METAKOGNISI PADA MATERI ASAM BASA

UMMUL KARIMAH , 1313023082 (2017) PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA DAN METAKOGNISI PADA MATERI ASAM BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (989Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (919Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi scaffolding da-lam mo¬del pembelajaran SiMaYang untuk meningkatkan literasi kimia dan meta-kognisi pada materi asam basa. Metode penelitian ini adalah Pretest-Posttest Con-trol Group Design, dimana kelas eksperimen menggunakan strategi scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang sedangkan pada kelas kontrol dengan pembelajar-an SiMaYang saja. Populasi da¬lam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Metro semester genap Tahun 2016-2017. Teknik pengambilan sampel digunakan yaitu teknik cluster random sampling sehingga didapatkan dua sampel kelas penelitian, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian indikator scaffolding siswa menunjuk-kan bahwa indikator yang dicapai siswa pada kelas eksperimen berkategori tinggi dan pada kelas kontrol berkategori sedang dengan keterlaksanaan pembelajaran SiMaYang yang memiliki kategori sangat tinggi pada kedua kelas. Hasil n-Gain siswa pada literasi kimia maunpun metakognisi adalah berkategori tinggi pada kelas eksperimen dan berkategori sedang pada kelas kontrol. Berdasarkan perbedaan nilai pretes dan postes siswa diperoleh bahwa terdapat 85% peningkat-an literasi kimia dan 95% peningkatan metakognisi siswa pada kelas eksperimen dipengaruhi oleh strategi scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang dan 74% peningkatan literasi kimia dan 87% peningkatan metakognisi siswa pada kelas kontrol dipengaruhi oleh pembelajaran SiMaYang saja pada materi asam basa. Berdasarkan penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa strategi scaffolding ber-pengaruh besar dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia pada kelas eksperimen dan berpengaruh sedang pada kelas kontrol, serta pembelajaran SiMaYang berpengaruh besar dalam meningkatkan kemampuan metakognisi pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol yang mana besarnya effect size ini dapat dibedakan berdasarkan hasil nilai n-gain siswa pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Kata kunci: strategi scaffolding, pembelajaran SiMaYang, literasi kimia, metakognisi, asam basa, keterlaksanaan RPP, effect size.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 9174434 . Digilib
Date Deposited: 26 Jul 2017 06:05
Terakhir diubah: 26 Jul 2017 06:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27473

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir