PENGARUH EKSTRAK DAUN BUNGUR (Lagerstroemia speciosa [L.] Pers) TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL TOTAL MENCIT JANTAN (Mus musculus L.) HIPERKOLESTEROLEMIA

EZANDA VOZZA DIAH PITALOKA, 1317021025 (2017) PENGARUH EKSTRAK DAUN BUNGUR (Lagerstroemia speciosa [L.] Pers) TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL TOTAL MENCIT JANTAN (Mus musculus L.) HIPERKOLESTEROLEMIA. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1832Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1833Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Gaya hidup menjadi salah satu hal yang memengaruhi kesehatan, gaya hidup yang kurang baik dapat mengakibatkan berbagai penyakit, diantaranya adalah hiperkolesterolemia. Hiperkolesterolemia merupakan kondisi jumlah kolesterol darah melebihi batas normal dalam tubuh.Dalam upaya menekan kadar kolesterol yang tinggi, dapat digunakan obat tradisional, salah satunya adalah daun pohon Bungur. Daun pohon bungur (Lagerstroemia speciosa [L.] Pers.) telah banyak digunakan sebagai metode pengobatan tradisional untuk mengobati tekanan darah tinggi. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas ekstrak daun bungurdan perbandingan efektivitasnya dengan simvastatin terhadap penurunan kadar kolesterol total mencit (Mus musculus L.) jantan hiperkolesterolemia. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap menggunakan 25 ekor mencit jantan. Subjek penelitian dibagi menjadi 5 kelompok perlakuan dengan 5 kali pengulangan, yaitu kontrol negatif (K-) yang hanya diberi pakan standar berupa pellet sampai akhir masa penelitian, kontrol positif (K+) yang diberi pakan standar yang telah dicampur dengan suspensi otak sapi (suspensi otak sapi 1 ml/hari) selama hari ke 0 – 14, perlakuan 1,2 dan 3 (P1,P2 dan P3) diberi pakan yang telah dicampur dengan suspensi otak sapi (suspensi otak sapi 1 ml/hari) selama hari ke 0-14. Kemudian 14 hari selanjutnya K+ diberi pakan standard dan dicekokkan simvastatin sebanyak 0,052 mg/ekor/hari, P1 diberi ekstrak daun bungur sebanyak 2,25 mg/ekor/hari, P2 diberi ekstrak daun bungur sebanyak 4,5 mg/ekor/hari dan P3 diberi ekstrak daun bungur sebanyak 9 mg/gBB/hari. Pengujian kolesterol mengggunakan alat tes strip kolesterol Easy Touch pada hari ke 0, 14, dan 28. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan uji ANOVA dan dilanjutkan dengan uji LSD dengan selang kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan kadar kolesterol pada hari ke-28 terhadap pada setiap kelompok pelakuan dengan nilai penurunan tertinggi pada kelompok K(+) dan P2 dengan nilai berturut-turut 17 mg/dl dan 13,2 mg/dl. Penurunan berat badan terjadi pada tiap kelompok perlakuan dengan berat terendah adalah kelompok P3 yakni 1,2 gram. Kata Kunci: Hiperkolesterolemia, simvastatin, daun bungur (Lagerstroemia speciosa [L]. Pers.).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 13865668 . Digilib
Date Deposited: 26 Jul 2017 06:52
Terakhir diubah: 26 Jul 2017 06:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27474

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir