EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH

NIDDIA RAISA MARTA, 1313023058 (2017) EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1489Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1390Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKS berbasis pendekatan ilmiah pada materi asam basa untuk meningkatkan KPS ditinjau dari sikap ilmiah siswa. Desain penelitian ini adalah faktorial 2x2 yang pada dasarnya merupakan modifikasi dari the matching pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Bandarlampung Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 158 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa soal pretes dan postes untuk mengukur KPS siswa dan lembar observasi sikap ilmiah siswa. Analisis data menggunakan analisis statistik ANOVA dua jalur dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan LKS berbasis pendekatan ilmiah efektif dalam meningkatkan KPS siswa pada materi asam basa. Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran menggunakan LKS dengan sikap ilmiah siswa terhadap KPS pada materi asam basa. KPS siswa dengan sikap ilmiah tinggi pada pembelajaran iii menggunakan LKS berbasis pendekatan ilmiah lebih tinggi dibandingkan LKS konvensional pada materi asam-basa. KPS siswa dengan sikap ilmiah rendah pada pembelajaran menggunakan LKS berbasis pendekatan ilmiah lebih tinggi dibandingkan LKS konvensional pada materi asam-basa. KPS siswa dengan sikap ilmiah tinggi lebih tinggi dibandingkan siswa dengan sikap ilmiah rendah pada pembelajaran menggunakan LKS berbasis pendekatan ilmiah pada materi asambasa. Kata Kunci : LKS, pendekatan ilmiah, asam basa, KPS, sikap ilmiah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 45899759 . Digilib
Date Deposited: 29 Jul 2017 03:24
Terakhir diubah: 29 Jul 2017 03:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27619

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir