ANISA OKTINA SARI PRATAMA, 1423025021 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3019Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1400Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengembangkan lembar kerja siswa dengan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) yang memiliki desain kontekstual, kepraktisan dan efektivitas yang tinggi dalam meningkatkan literasi sains siswa SMP pada materi pencemaran lingkungan. Desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap pengujian. Sesuai dengan tujuan penelitian maka LKS yang dikembangkan harus memenuhi kriteria desain, kepraktisan, dan keefektivan. Desain LKS ditinjau dari hasil validasi ahli. Kepraktisan LKS dilihat dari penilaian keterlaksanaan dan respon pengguna. Keefektivan LKS dilihat dari nilai n-Gain dan aktivitas siswa. Efektivitas produk diketahui melalui desain kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design yaitu dengan melihat perbedaan pretest maupun postest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) LKS dengan pendekatan STM untuk meningkatkan literasi sains memiliki desain kontekstual, valid dan layak digunakan; 2) LKS dengan STM praktis digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa diperoleh keterlaksanaan tinggi dan mendapatkan respon tinggi dan sangat baik dari siswa; 3) LKS dengan STM cukup efektif meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Kata kunci : LKS, STM dan literasi sains ABSTRACT This study aims in developing a students worksheet of science, technology, society (STS), that has a contextual design, practical and high effectiveness to improving science literacy in junior high school on material environmental pollution. R&D design (Research and Development) includes three stages: the stage of primer studies, the development of model design and testing of the worksheet. In accordance with the research, objectives developed a worksheet that must meet the criteria of design, practicality, and effectiveness. The worksheet design in terms of the results of expert validation. The practicality of worksheet seen from attractiveness and user response. The increasing of effectiveness seen from n-Gain and student activity. The effectiveness of the product used a quasi-experimental design with non-equivalent control group design is to look at the differences in pretest and posttest between the experimental class and control class. The results show that 1) the worksheet of STS to improve science literacy has a contextual design, valid and proper for using; 2) the worksheet of STS is used to improve the scientific literacy of students obtained high and get a very good response from students; 3) The worksheet exactly effective at increasing students' science literacy skills. Keywords : worksheet, sts, science literacy
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA |
Pengguna Deposit: | 51374003 . Digilib |
Date Deposited: | 29 Jul 2017 03:47 |
Terakhir diubah: | 29 Jul 2017 03:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27621 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |