PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAUN SIRSAK (Annona muricata)TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL TOTAL PADA MENCIT JANTAN (Mus musculusL.) HIPERKOLESTEROLEMIA

Venny Yulia, 1317021079 (2017) PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAUN SIRSAK (Annona muricata)TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL TOTAL PADA MENCIT JANTAN (Mus musculusL.) HIPERKOLESTEROLEMIA. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENNGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (816Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1372Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1373Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penyakit hiperkolesterolemia merupakan masalah yang penting karena termasuk faktor resiko utama Penyakit Jantung Koroner (PJK) disamping hipertensi dan merokok. Hiperkolesterolemia adalah suatu kondisi dimana meningkatnya konsentrasi kolesterol dalam darah yang melebihi nilai normal. Daun sirsak (Annona muricata) dipercaya memiliki kandungan senyawa aktif, antara lain flavonoid yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan ekstrak etanol daun sirsak (Annona muricata) dan simvastatin serta mengetahui pemberian ekstrak etanol daun sirsak (Annona muricata) atau simvastatin yang paling efektif untuk menutrunkan kadar kolesterol total. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) menggunakan 25 ekor mencit jantan yang dibagi dalam 5 kelompok, yaitu K-, K+, P1, P2, P3. Pada K(-) diberikan pakan standar sampai hari ke28, K(+) diberikan pakan tinggi kolesterol berupa suspensi otak sapi 1ml/hari dan simvastatin sebanyak 0,052 mg/kgBB sampai hari ke-28, P1,P2,P3 diberi pakan tingi kolesterol selama 14 hari. Pada hari ke-15, P1 diet standar diberi ekstrak daun sirsak sebanyak 6 mg/kgBB, P2 diet standar diberi estrak daun sirsak sebanyak 12 mg/kgBB, P3 diet standar diberi ekstrak daun sirsak sebanyak 18 mg/kgBB. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji ANOVA dengan taraf kepercayaan 5% dan dilanjutkan dengan uji Least Signifficant Different (LSD) α=5%. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok K(+) dengan pemberian simvastatin 0,052 mg/ekor/hari lebih baik dalam menurunkan kadar kolesterol total mencit jantan (Mus musculus L.) hiperkolesterolemia dibandingkan dengan kelompok perlakuan ekstrak etanol daun sirsak (Annona muricata) dengan dosis 6 mg/ekor/hari, 12 mg/ekor/hari dan 18 mg/ekor/hari. Kata Kunci : Hiperkolesterolemia, Kolesterol total, Simvastatin, Daun Sirsak (Annona muricata).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Q Science (General)
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 33110294 . Digilib
Date Deposited: 04 Aug 2017 07:16
Terakhir diubah: 04 Aug 2017 07:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27723

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir