PERAN NEW MEDIA DALAM PENYEBARAN KOREAN WAVE PADA TAHUN 2012-2016

LAPRILLA EL PRIMAYONDRI, 1316071027 (2017) PERAN NEW MEDIA DALAM PENYEBARAN KOREAN WAVE PADA TAHUN 2012-2016. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3368Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1667Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Korea Selatan merupakan salah satu negara yang dianggap berhasil dalam mempromosikan produk budaya yang dimilikinya. Korea Selatan menggunakan produk budaya dalam Korean Wave sebagai sumber soft power negaranya karena popularitasnya yang tinggi hingga ke negara-negara di Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Penyebaran produk budaya dalam Korean Wave yang sampai ke negara-negara tersebut tidak terlepas dari keberadaan new media. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan tipe penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai peran new media dalam menyebarkan produk budaya dalam Korean Wave seperti K-drama dan K-pop. Pembahasan mengenai topik ini dibatasi dari tahun 2012 hingga 2016. Penelitian ini menggunakan konsep new media, soft power, dan globalisasi budaya. Hasil penelitian ini menemukan bahwa new media telah membantu dalam menyebarkan Korean Wave ke beberapa negara di dunia sehingga Korean Wave muncul sebagai popular culture dan membentuk global village. Kata Kunci: New Media, Korean Wave, Popular Culture, Global Village THE ROLE OF NEW MEDIA IN THE SPREADING OF KOREAN WAVE IN 2012-2016 BY LAPRILLA EL PRIMAYONDRI South Korea is one of the successful countries in promoting their cultural products. South Korea use cultural products from Korean Wave as the source of their soft power due to it’s high popularity within countries in Asia, Europe, and North America. The spread of Korean Wave to those countries can not be separated from the existence of new media. In this research, author use qualitative descriptive research type and the technique of data collection through literature study. This research aims to discuss the role of new media in spreading the cultural product in Korean Wave such as K-drama and K-pop. The explanation of this topic will be limited from 2012 to 2016. This research uses new media concept, soft power concept, and globalization of culture concept. The results show that new media has helped in spreading the Korean Wave to several countries in the world so that Korean Wave emerged as a popular culture and formed a global village. Keyword: New Media, Korean Wave, Popular Culture, Global Village

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > JQ Political institutions Asia
> JZ International relations
> NE Print media
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 78037779 . Digilib
Date Deposited: 04 Aug 2017 08:06
Terakhir diubah: 04 Aug 2017 08:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27727

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir