PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESMENT UNTUK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMANASAN GLOBAL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

R. SURYA DAMAYANTI, 1423022011 (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESMENT UNTUK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMANASAN GLOBAL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] FIle PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3075Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1656Kb) | Preview

Abstrak

Instrumen yang digunakan guru di sekolah untuk menilai authentic asessment pada pembelajaran pemanasan global belum sesuai dan objektif. Pengembangan instrumen authentic asessment untuk keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran pemanasan global dengan pendekatan saintifik belum ada. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen authentic asessment untuk mengukur keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran pemanasan global serta mendeskripsikan kesesuaian, kemudahan, dan kemanfaatan penggunaan instrumen. Desain pengembangan dilaksanakan dengan model pengembangan Borg & Gall (2003), dengan tujuh tahap. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Kotagajah sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran pemanasan global dengan menggunakan authentic asessment dengan pendekatan saintifik. Teknik penilaian unjuk kerja, portofolio, proyek, produk, dan sikap secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran pemanasan global; (2) Authentik asessment pemanasan global yang dikembangkan memenuhi validitas isi dan konstruk, (3) Efektifitas instrumen authentic assesment meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 0.532; (4) Tingkat kesesuaian, kemudahan, dan kemanfatan instrumen authentic asessment adalah sebesar 84.58% (sangat tinggi), kemudahan sebesar 82.50% (sangat tinggi), dan kemanfaatan sebesar 83.75% (sangat tinggi); (5) Penerapan authentic asessment pada pembelajaran pemanasan global secara umum berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dengan signifikansi 0.00 dan R2 0.974. Kata kunci: instrumen authentic assessment, pemanasan global, pendekatan saintifik, berpikir kritis ABSTRACT The instrument used by teachers in schools to assess the authentic assessment of global warming learning has not been appropriate and objective. The development of an authentic assessment instrument for critical thinking skills on global warming learning with a scientific approach does not yet exist. This study aims to develop an authentic assessment instrument to measure critical thinking skills in global warming learning and to describe the suitability, easiness, and usefulness of the use of instruments. The development design was carried out under the Borg & Gall (2003) development model, with seven stages. Research done in SMAN 1 Kotagajah sample determined by purposive sampling technique. Data analysis is done quantitatively. The conclusions of this research are: (1) Global warming learning by using the authentic assessment with scientific approach. Performance assessment techniques, portfolios, projects, products, and attitudes together contribute to the improvement of critical thinking skills on global warming learning; (2) The authentic assessment global warming developed to meet the validity of content and constructs; (3) The effectiveness of the authentic assessment instruments improves students' critical thinking skills by 0.532; (4) The level of suitability, easiness, and usefulness of the authentic assessment instruments are 84.58% (very high), ease of 82.50% (very high), and benefit 83.75% (very high); (5) Implementation of the authentic assessment on global warming learning in general affects critical thinking skills with significance of 0.00 and R2 0.974. Keyword: authentic assessment instrument, global warming, scientific approach, critical thinking

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 0251702 . Digilib
Date Deposited: 09 Aug 2017 03:03
Terakhir diubah: 09 Aug 2017 03:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27823

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir