DESKRIPSI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 NATAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NOVI YULI ERVIANNI, 1213034052 (2017) DESKRIPSI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 NATAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1020Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (728Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Natar. Titik tekan kajiannya pada : jumlah peminjam buku, penyebab meminjam buku, keseringan meminjam, jenis buku yang dipinjam, manfaat meminjam buku dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian 186 siswa kelas XI IPS, sampel diambil kelas XI IPS 2 berjumlah 38 siswa secara purpossive sampling. Pengumpulan data dengan teknik observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tabel persentase, sebagai dasar interpretasi dan deskripsi dalam membuat laporan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa (1) Sebanyak 28,9% siswa meminjam buku di perpustakaan sekolah. (2) Sebanyak 55,3% karena disuruh guru dan 15,8% untuk mengerjakan tugas, 23,6% untuk menambah pengetahuan dan 5,3% tidak memiliki buku (3) Sebanyak 71,1% siswa meminjam buku di perpustakaan sekolah 1 kali per bulan, dan 28,9% siswa sering dan rajin meminjam buku. (4) Sebanyak 71,1% siswa meminjam buku pengetahuan umum, cerita, dan lain-lain, serta 28,9% siswa meminjam buku pelajaran Geografi. (5) Sebanyak 28,9% menyatakan sebagai sumber belajar, menambah wawasan dan pengetahuan, mengerjakan tugas, serta membantu siswa yang tidak memiliki buku. (6) Sebanyak 52,6% menyatakan meminjam buku guna meningkatkan hasil belajarnya, selebihnya menyatakan menambah wawasan, pengetahuan dan memahami materi geografi yang diajarkan guru. Kata kunci: hasil belajar, perpustakaan sekolah ABSTRACT The research aims to describe the utilization of school library toward students’ geography achievement in the 11th grade of Social Study of SMAN 1 Natar. It focuses on the number of book borrowers, the cause of borrowing book, the frequency of borrowing book, the types of book borrowed, the benefit of borrowing book, and the students’ study achievement. The research employs descriptive method. The research population is 186 students of 11th grade of Social Study, and the sample taken purposively in class XI IPS 2 is 38 students. The data was collected through observation, questionnaire, and documentation. Data was analyzed through percentage table as basic interpretation and description in writing the research report. The results of the research show that: (1) 28% of students borrow geography book in the school library; (2) 55.3% of them are asked by teacher, 15.8% to do their assignments, 23.6% to improve their knowledge, and 5.3% do not have the book; (3) 71.1% of students borrow books in the school library once a month; (4) 71.1% of students borrow general knowledge book, story, etc; (5) 28.9% as source of learning, to improve insight and knowledge; (6) 52.6% of students borrow book to improve their study achievement. Key words: students’ geography achievement, school library utilization,

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > G Geography (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 96995697 . Digilib
Date Deposited: 24 Aug 2017 03:50
Terakhir diubah: 24 Aug 2017 03:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28099

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir