Syahirrudin, MELI ASTUTI (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E (LC 5E) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
2.COVER DALAM.pdf - Published Version Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1.ABSTRAK.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3.HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (235Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5.PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10.DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (74Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (265Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
Archive
3.LAMPIRAN.zip - Published Version Download (2102Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan efektivitas model pembelajaran LC 5E dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep pada materi kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Natar semester ganjil Tahun 2012-2013 dengan kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non equivalent control group design. Efektivitas model penbelajaran LC 5E diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan rerata nilai n- Gain keterampilan menyimpulkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masingmasing adalah 0,35 dan 0,71. Sedangkan rerata nilai n-Gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing adalah 0,31 dan 0,41. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa kelas dengan pembelajaran melalui LC 5E memiliki keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran LC 5E lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep siswa pada materi kesetimbangan kimia. Kata kunci: model pembelajaran LC 5E, keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 09 Jan 2014 01:52 |
Terakhir diubah: | 09 Jan 2014 01:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/281 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |