PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 METRO BARAT

AGUS TRI WIBOWO, 1313053007 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1165Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1680Kb)

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 04 Metro Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran visual auditory kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 04 Metro Barat. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 41, terdiri dari 20 siswa kelas IVA sebagai kelompok eksperimen dan 21 siswa kelas IVB sebagai kelompok kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian ini adalah quasi exsperimental. Alat pengumpul data berupa soal tes kognitif dan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas dengan bantuan program Microsoft Excel 2013. Data yang diperoleh kemudian diuji persyaratan analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hasil uji hipotesis data dengan uji statistik independen sampel t-tes diperoleh data yang menunjukan H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan model pembelajaran visual auditory kinesthetic terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: hasil belajar , matematika, model VAK

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 15555260 . Digilib
Date Deposited: 18 Sep 2017 07:31
Terakhir diubah: 18 Sep 2017 07:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28268

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir