Dinamika Populasi Bakteri Dan Total Asam pada Fermentasi Bekasam ( Pagasius hypopthalmus) DINAMIKA POPULASI BAKTERI DAN TOTAL ASAM PADA FERMENTASI BEKASAM IKAN PATIN (Pangasius hypopthalmus)

BELLA NOOR ARFIANTY, 1317021014 (2017) Dinamika Populasi Bakteri Dan Total Asam pada Fermentasi Bekasam ( Pagasius hypopthalmus) DINAMIKA POPULASI BAKTERI DAN TOTAL ASAM PADA FERMENTASI BEKASAM IKAN PATIN (Pangasius hypopthalmus). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PEGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (841Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (711Kb) | Preview

Abstrak

Bekasam merupakan produk makanan tradisional hasil fermentasi dari ikan air tawar dengan penambahan nasi dan garam. Selama proses fermentasi, sumber karbohidrat dipecah menjadi gula-gula sederhana, kemudian diubah menjadi alkohol dan asam. Penggunaan jenis ikan pada pembuatan bekasam berpengaruh terhadap jumlah bakteri asam laktat dan kadar asam laktat yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah total bakteri dan bakteri asam laktat serta kadar asam laktat yang dihasilkan selama proses fermentasi bekasam ikan patin siam (Pangasius hypopthalmus). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2017 di Laboratorium Mikrobiologi, Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan metode titrimetri untuk menentukan kadar asam laktat dan metode Angka Lempeng Total untuk menentukan jumlah bakteri. Pengamatan dilakukan setiap 2 hari, 4 hari, 6 hari, 7 hari, 8 hari dan 10 hari dengan 2 kali ulangan. Parameter yang diamati meliputi: penghitungan total jumlah bakteri dan bakteri asam laktat , pengukuran kadar asam laktat, pengukuran pH serta uji organoleptik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai total bakteri asam laktat meningkat sampai fermentasi hari ke-6, nilai total bakteri mengalami penurunan, total asam tertitrasi meningkat sedangkan nilai pH menurun, dan hasil organoleptik didapatkan kualitas bekasam terbaik dengan lama fermentasi 7 hari. Kata Kunci: Fermentasi, Bekasam, Asam Laktat, Bakteri Asam Laktat

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Q Science (General)
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 38569507 . Digilib
Date Deposited: 22 Sep 2017 06:12
Terakhir diubah: 22 Sep 2017 06:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28298

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir