EFEKTIVITAS FORMASI TEMPAT DUDUK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI MATERI POKOK INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2016/2017)

Eka Rahmi Pala, 1313024030 (2010) EFEKTIVITAS FORMASI TEMPAT DUDUK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI MATERI POKOK INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2192Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1913Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas formasi tempat duduk terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Biologi materi pokok interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya pada siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2016/2017. Desain penelitian ini adalah desain pretes-postes non ekuivalen. Populas dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan sampel terdiri dari siswa kelas VII8, VII9, dan VII10 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa hasil belajar siswa (aspek afektif, aspek kognitif, dan aspek psikomotorik) pada Materi Pokok Interaksi antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya yang diperoleh melalui lembar penilaian diri aspek afektif siswa, pretes, postes, dan lembar pengamatan aspek psikomotorik siswa. Data hasil belajar aspek kognitif kemudian dianalisis dengan uji One-Way ANOVA yang dilanjutkan dengan uji Independent Sample t-test pada taraf kepercayaan 5% menggunakan software SPSS 20. Dan data hasil belajar aspek afektif dan aspek psikomotorik kemudian dianalisis menggunakan Indeks Prestasi Kualitatif serta dihitung peningkatan nilainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas dari ketiga formasi tempat duduk yang diterapkan terhadap hasil belajar aspek afektif siswa pada materi pokok Interaksi antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya (kelas eksperimen I (0,47 ± 0,46) memiliki peningkatan nilai yang lebih tinggi dari pada kelas eksperimen II (0,42 ± 0,22) dan kelas kontrol (0,27 ± 0,49)), terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan dari ketiga formasi tempat duduk yang diterapkan terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa pada materi pokok Interaksi antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya (F hitung (14,276) > F tabel (3,09)), dan terdapat perbedaan efektivitas dari ketiga formasi tempat duduk yang diterapkan terhadap hasil belajar aspek psikomotorik siswa pada materi pokok Interaksi antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya (kelas eksperimen I (0,73 ± 0,74) memiliki peningkatan nilai yang lebih tinggi dari pada kelas eksperimen II (0,64 ± 0,56) dan kelas kontrol (0,52 ± 1,06)). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas dari ketiga formasi tempat duduk yang diterapkan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Interaksi antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya. Kata kunci : efektivitas, formasi tempat duduk, hasil belajar, interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 87928247 . Digilib
Date Deposited: 25 Sep 2017 06:17
Terakhir diubah: 25 Sep 2017 06:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28311

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir