IDENTIFIKASI KESULITAN PADA GURU IPA SMP DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN ASESMEN (Studi Deskriptif Pada Guru IPA SMP Se-Kecamatan Tanjungkarang Pusat dan Tanjung Senang Tahun Ajaran 2016/2017)

RENI HIDAYANTI, 1313024071 (2017) IDENTIFIKASI KESULITAN PADA GURU IPA SMP DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN ASESMEN (Studi Deskriptif Pada Guru IPA SMP Se-Kecamatan Tanjungkarang Pusat dan Tanjung Senang Tahun Ajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (808Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (548Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan guru IPA SMP dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen. Sampel penelitian ini berjumlah 30 guru IPA di SMP Se-Kecamatan Tanjungkarang Pusat dan Tanjung Senang ajaran 2016/2017, pemilihan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Desain penelitian ini adalah desain deskriptif. Data penelitian berupa data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket (terbuka dan tertutup), hasil skor angket dianalisis dan diinterpretasikan kedalam kriteria deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kesulitan yang dialami guru dalam merencanakan asesmen berkriteria cukup (41,89% ± 2,97) dan kesulitan dalam melaksanakan asesmen memiliki kriteria cukup (40,74% ± 3,94). Persentase kesulitan tertinggi guru dalam merencanakan asesmen yaitu dalam membuat indikator pencapaian kompetensi. Adapun permasalahan yang dialami guru dalam iii merencanakan asesmen yaitu keterbatasan alokasi waktu, sarana dan prasarana (tidak memiliki Laboratorium, buku paket serta alat dan bahan praktikum kurang memadai), kemampuan siswa yang heterogen. Sedangkan faktor kesulitan guru dalam melaksanakan asesmen yaitu keterbatasan alokasi waktu dan jumlah peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kesulitan guru IPA SMP dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen memiliki kriteria cukup, karena terdapat beberapa faktor yang menjadi hambatan dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen. Kata kunci : asesmen, guru IPA, kesulitan, merencanakan, melaksanakan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 86697697 . Digilib
Date Deposited: 02 Oct 2017 08:13
Terakhir diubah: 02 Oct 2017 08:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28392

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir