PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS SAINTIFIK PADA SUBTEMA 3. KEBIASAAN MAKANKU SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

TRI WULANDARI, 1523053006 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS SAINTIFIK PADA SUBTEMA 3. KEBIASAAN MAKANKU SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (26Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1017Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (862Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRACT This study aims to describe the prevalence, effectiveness of the use of teaching materials developed, and to know the difference of student learning outcomes using teaching materials with those who do not use the developed teaching materials. This research method uses Research and Development (R&D) with the study population of 184 students. Sampling was done by purposive sampling technique of 60 students divided into control and experiment group. Place of study in SD Negeri 7 North Metro. Data were analyzed using N-Gain test, and t-independent test. The result of the research shows that the realization of valid scientific based thematic teaching materials, effective teaching materials used to improve learning outcomes with N-Gain increase of 0.37 medium category, and there are differences in the results of fourth grade students. Keywords: teaching materials, thematic, scientific ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, efektivitas penggunaan bahan ajar yang dikembangkan, dan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar dengan yang tidak menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan populasi penelitian sebanyak 184 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 60 siswa yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan eksperimen. Tempat penelitian di SD Negeri 7 Metro Utara. Data dianalisis menggunakan uji N-Gain, dan uji t-independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terwujudnya bahan ajar tematik berbasis saintifik yang valid, bahan ajar yang efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dengan peningkatan N-Gain sebesar 0,37 kategori sedang, dan ada perbedaan hasil belajar siswa kelas IV SD. Kata kunci:bahan ajar, tematik, saintifik

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 11400631 . Digilib
Date Deposited: 05 Oct 2017 04:46
Terakhir diubah: 05 Oct 2017 04:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28438

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir