PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DENGAN PERILAKU BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Ratu Derry Yusrina Sari, 1341031040 (2017) PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DENGAN PERILAKU BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (920Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (919Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendidikan akuntansi yang diselenggarakan di universitas bertujuan untuk mendidik mahasiswa agar menjadi seorang akuntan profesional yang memiliki pengetahuan yang luas dibidang akuntansi. Oleh sebab itu, untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas universitas harus terus meningkatkan kualitas pada sistem pendidikannya. Salah satu usaha yang digunakan untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah meningkatkan pemahaman akuntansi pada mahasiswa. Tingginya pemahaman akuntansi pada mahasiswa akan berpengaruh pada Indeks Prestasi Komulatif (IPK) yang diperoleh. Selain itu, perilaku belajar mahasiswa juga sangat mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Fenomena sistem kebut semalam masih menjadi primadona dalam cara belajar mahasiswa, baik itu dalam hal mengerjakan tugas ataupun menghadapi ujian. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji secara empiris pengaruh tingkat pemahaman akuntansi terhadap prestasi belajar dengan perilaku belajar sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung angkatan 2013 semester 7. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling yaitu dilakukan dengan cara mengambil sampel dari populasi berdasarkan suatu kriteria tertentu. Penelitian ini menggunakan Struktural Equation Modeling (SEM) berbasis varians atau dikenal dengan Partial Least Square (PLS). Data dalam penelitian ini didapat dengan cara penyebaran kuesioner, dan sampel yang didapat adalah sebanyak 86 kuesioner. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah persamaan struktural (inner model) serta untuk mengetahui pengaruhnya digunakan uji jalur. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa tingkat pemahaman akuntansi secara sangat signifikan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar, tingkat pemahaman akuntansi secara sangat signifikan berpengaruh positif terhadap perilaku belajar, dan perilaku belajar secara signifikan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Kata Kunci : Tingkat Pemahaman Akuntansi, Perilaku Belajar, dan Prestasi Belajar. ABSTRACT Accounting education held at the university aims to educate students to become a professional accountant who has extensive knowledge in the field of accounting. Therefore, in order to produce quality graduates, the university must continue to improve the quality of the education system. One of the efforts used to achieve this end is to increase student understanding of accounting.The high understanding of accounting in the students will affect the Grade Point Average (GPA) obtained. In addition, the students learning behavior also influences students academic achievement. The phenomenon of overnight before the deadline is still a habbit in the way of student learning, be it in terms of doing tasks or facing exams. The purpose of this study is to test empirically the effect of accounting undertanding level towards learning achievement with learning behavior as intervening variables. The population in this study are students from Faculty of Economics and Business of Lampung University class of 2013, 7th Semester. The sampling technique used is purposive sampling technique that is done by taking a sample of a population based on a certain criteria. This research uses Structural Equation Modeling (SEM) based on variance or known as Partial Least Square (PLS). The data in this study was obtained by distributing questionnaires, and the samples obtained were 86 questionnaires. The analysis model used in this study is the structural equation (inner model) and to know the influence,path test is used. Based on study result, it can be seen that the accounting undertanding level has a very significant positive effect on learning achievement, accounting understanding level has a significant positive effect on learning behavior, and learning behavior have a significant positive effect on learning achievement. Keywords : Accounting undertanding level, Learning Behavior, dan Learning Achievement.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HF Commerce > HF5601 Accounting
> LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Akuntansi
Pengguna Deposit: 84966442 . Digilib
Date Deposited: 09 Oct 2017 08:21
Terakhir diubah: 09 Oct 2017 08:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28475

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir