PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN SISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA SEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Rumiyati, 1423045010 (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN SISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA SEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2697Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN SISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA SEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 Oleh: Rumiyati Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan memahami warahan siswa kelas VII SMPN 1 Kotabumi Lampung Utara semester ganjil tahun pembelajaran 2016/2017 dan (2) kemampuan siswa kelas VII SMPN 1 Kotabumi Lampung Utara dalam memahami warahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan populasi sebanyak 314 siswa yang tersebar di sepuluh kelas. Untuk memperoleh data digunakan tes tertulis yang berbentuk pilihan ganda berisi empat alternatif jawaban. Soal yang digunakan pada saat tes awal dan tes akhir berjumlah 25 butir. Sebelum digunakan, soal diujicobakan di luar sampel untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Soal yang diujicobakan berjumlah 40 butir. Hasil uji coba dianalisis dengan menggunakan komputer program Anates. Soal yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal yang tingkat kesukarannya berkisar antara 0,25—0,75 dan daya pembedanya ≥ 0,40. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Skor rata-rata kemampuan memahami warahan siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan CTL lebih tinggi daripada skor rata-rata kemampuan memahami warahan siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Dengan perkataan lain, ada pengaruh pembelajaran CTL terhadap kemampuan memahami warahan. Peningkatan skor rata-rata kemampuan memahami warahan dari tes awal ke tes akhir di kelas yang menggunakan CTL = 36,37 dan di kelas yang menggunakan CIRC = 14,88. Selisih peningkatan skor rata-rata = 21,49. Siswa yang diajar dengan metode CTL dianggap memiliki pemahaman yang lebih baik tentang warahan dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode CIRC. (2) Tes akhir kemampu-an memahami warahan di kelas yang menggunakan CTL memperoleh skor ter-tinggi = 100, skor terendah = 40, standar deviasi = 11,424, dan skor rata-rata = 79,25. Tes akhir kemampuan memahami warahan di kelas yang menggunakan CIRC memperoleh skor tertinggi = 76, skor terendah = 36, standar deviasi = 10,889, dan skor rata-rata = 58,38. Kata kunci: pembelajaran CTL dan CIRC, memahami warahan. ABSTRAK PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TEHADEP KEMAPPEUAN MAHHEMEI WARAHAN SISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA SEMESTER GANJIL TAHHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 Oleh: Rumiyati Penelitian ijo bertujuan untuk ngedeskripsiken pengaruh metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadep kemappeuan memahemei warahan pada siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kotabumi Lampung Utara semester ganjil tahun pembelajaran 2016/2017. Metode sai digunoken dilem penelitian iyolah eksperimen. Populasei bejumlah 314 siswa. Sampel dibagei menjadi duo caro yaitu Kelas VII C sebagai Kelas Eksperimen jamo Kelas VII E sebagai Kelas Kontrol. Data sai digunoken diakuk lewat tes tulis pilihan beganda jamo essaydengan epak alternatif jawaban. Soal sai digunoken ketiko tes awal dan tes akhir bejumlah 25 soal. Selakwat digunoken, soal diujeicuboken di luah sampel mangi dipandai validitas dan reliabilitasno. Soal sai diujeicuboken bejumlah 40 soal. Hasil uji coba dianalisis makai komputer Program Anates. Soal sai digunoken pakai nguppulken data adalah soal sai tingkat kesulitanno bekisar antaro 0,25 - 0,75 dan dayo bidono ≥ 0,40. Hasil penelitian nyulukken bahwa siswa sai pembelajaranno ngegunoken metode CTL meso skor lebih ghaccak yakni sebesar 36,37% dibanding sai ngegunoken metode CIRC senilai 14,88%. Data ijo hasil jak rata-rata tes awal sappai tes akhir pemahaman warahan. Pembelajaran ngegunoken metode CTL dinyatakan efektif di lem meningkatken hasil belajar. . Kata kunci: pembelajaran CTL dan CIRC, mahhemei warahan. ABTSRACT THE EFFECT OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) ON THE ABILITY TO UNDERSTAND WARAHAN FOR STUDENTS OF CLASS VII SMPN 1 KOTABUMI NORTH LAMPUNG IN THE FIRST SEMESTER OF 2016/2017 By: Rumiyati This study purposed to identify and describe: (1) the effect of Contextual Teaching and Learning (CTL) on the ability to understand warahan for students of class VII SMPN 1 Kotabumi North Lampung in The first semester of 2016/2017 (2) the students ability of class VII SMPN 1 Kotabumi North Lampung to understanding warahan. This study is using experimental method. The population were the students of class VII SMPN 1 Kotabumi North Lampung in the first semester of 2016/2017. The amount of population were 314 students from 10 classes. The data were collected by using multiple-choice written test with four alternative answers. The Questions used for the pre test and final test were 25. Before conducting the test, the questions were tested to students non-sample for the validity and reliability. The amount of the questions were 40. The trial test was analyzed by Anates Program. The Questions used to collect data have difficulty ranged from 0.25 to 0.75 and differentiator ≥ 0.40. The results showed that: (1) The average score of the students ability to understand warahan using CTL was higher than the average score of the students ability to understand warahan using Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). In other words, there was a learning effect of CTL on the ability to understand warahan. The increase of the average score in ability to understand warahan from the pretest to the final test in the class using CTL was = 36.37 and in the class using the CIRC was = 14.88. The Differences of increasing average score was = 21.49. The students ability to understand warahan with learning CTL has a better ability than the students ability to understand warahan using the CIRC. (2) The final tests of understanding warahan in the class using CTL obtained the highest score = 100, the lowest score = 40, standard deviation = 11,424, and the average score = 79.25. The final tests of understanding warahan in the class using CIRC obtained the highest score = 76, the lowest score = 36, standard deviation = 10.889, and the average score = 58.38. Keywords: CTL and CIRC, understanding warahan

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah
Pengguna Deposit: 11811465 . Digilib
Date Deposited: 16 Oct 2017 03:06
Terakhir diubah: 16 Oct 2017 03:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28559

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir