PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN MEMBANGUN DESA SAI BUMI RUWA JURAI (GERBANG DESA SABURAI) (Studi Komparatif Pada Tiyuh Penumangan Kecamatan Tulang Bawang Tengah dan Tiyuh Gunung Terang Kecamatan Gunung Terang Kabupaten Tulang Bawang Barat)

RIA ANGREINI, 1526021014 (2017) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN MEMBANGUN DESA SAI BUMI RUWA JURAI (GERBANG DESA SABURAI) (Studi Komparatif Pada Tiyuh Penumangan Kecamatan Tulang Bawang Tengah dan Tiyuh Gunung Terang Kecamatan Gunung Terang Kabupaten Tulang Bawang Barat). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1310Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1310Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui, menganalisis dan menjelaskan partisipasi masyarakat Tiyuh Penumangan dan Tiyuh Gunung Terang; 2) Membandingkan partisipasi masyarakat Tiyuh Penumangan dan Tiyuh Gunung Terang dalam pelaksanaan program Gerakan Membangun Desa Sai Bumi Ruwa Jurai; 3) Mengetahui, menganalisis dan menjelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambat dari partisipasi masyarakat Tiyuh Penumangan dan Tiyuh Gunung Terang dalam pelaksanaan program Gerakan Membangun Desa Sai Bumi Ruwa Jurai. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif serta teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Masyarakat Tiyuh Penumangan tidak partisipatif sedangkan masyarakat Tiyuh Gunung Terang telah partisipatif yang dapat dilihat dari aktifnya masyarakat dalam pengambilan keputusan (perencanaan), pelaksanaan, pemantauan, evaluasi dan pemanfaatan hasil pembangunan dari program Gerbang Desa Saburai serta menjaga keberlanjutan (sustainability) pembangunan. Analisis dari penelitian ini menemukan Teori Ragem Sai Mangi Wawai (RSMW) yang berarti Kebersamaan Menuju Keberhasilan. Ragem Sai Mangi Wawai merupakan falsafah dan nilai masyarakat Lampung yang mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pelaksanaan program Gerakan Membangun Desa Sai Bumi Ruwa Jurai. Teori Ragem Sai Mangi Wawai (RSMW) merupakan sebuah kearifan lokal masyarakat Lampung yang mampu menyukseskan program pembangunan. Kata Kunci: Partisipasi, Desa, Masyarakat, Gerakan Membangun Desa dan Ragem Sai Mangi Wawai abstract THE PUBLIC PARTICIPATION IN THE EXERCISE OF VILLAGE DEVELOPMENT MOVEMENT PROGRAM IN SAI BUMI RUWA JURAI (GERBANG DESA SABURAI) (A Comparative Study in Penumangan Village of Middle Tulang Bawang Sub District and Gunung Terang Village of Gunung Terang Sub District in West Tulang Bawang District)

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > H Social Sciences (General)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: 4049691 . Digilib
Date Deposited: 13 Oct 2017 04:21
Terakhir diubah: 13 Oct 2017 04:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28571

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir