PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI LAJU REAKSI

Nisa Ul Fitri, 1313023059 (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI LAJU REAKSI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1161Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (580Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan validitas instrumen asesmen berbasis keterampilan berpikir kreatif pada materi laju reaksi. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang dilakukan dari tahap penelitian dan pengumpulan informasi sampai tahap revisi produk hasil uji coba. Subjek dalam penelitian ini adalah instrumen asesmen berbasis keterampilan berpikir kreatif pada materi laju reaksi, berupa soal uraian yang terdiri dari 9 soal dan dirancang untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif siswa yang meliputi keterampilan berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil, dan berpikir elaborasi. Uji coba lapangan awal dilakukan kepada 4 orang guru kimia dan 20 siswa kelas XI IPA 1 di SMA Muhammadiyah 1 Metro. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa instrumen asesmen ini dikatakan sangat baik berdasarkan hasil penilaian validator pada aspek kesesuaian isi dengan persentase sebesar 95,83%, aspek konstruksi sebesar 91,67%, dan aspek keterbacaan sebesar 100%. Hasil uji coba lapangan awal menunjukkan bahwa persentase tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi sebesar 97,91%, aspek konstruksi sebesar 100%, dan aspek keterbacaan sebesar 100%, serta persentase respon siswa pada aspek keterbacaan sebesar 95% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa instrumen asesmen berbasis keterampilan berpikir kreatif pada materi laju reaksi yang dikembangkan adalah valid atau layak untuk digunakan. Kata kunci: instrumen asesmen, keterampilan berpikir kreatif, laju reaksi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 86202437 . Digilib
Date Deposited: 24 Oct 2017 04:15
Terakhir diubah: 24 Oct 2017 04:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28808

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir