PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS LCDS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA RANAH KOGNITIF DAN AFEKTIF MATERI SUHU DAN KALOR

Rofiana Rachmad, 1313022061 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS LCDS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA RANAH KOGNITIF DAN AFEKTIF MATERI SUHU DAN KALOR. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1107Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (887Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis Learning Content Development System (LCDS) terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan afektif materi suhu dan kalor. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Terbanggi Besar, sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Penelitian dilakukan menggunakan Non Equivalent Control Group Pretest - Posttest Design. Berdasarkan hasil uji peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan afektif dengan uji Independent Sample T Test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) masing-masing adalah sama, yakni sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan modul pembelajaran berbasis LCDS memiliki peningkatan hasil belajar siswa (ranah kognitif dan afektif) lebih dari hasil belajar siswa (ranah kognitif dan afektif) yang menggunakan buku cetak dan LKS. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata nilai N-gain kognitif pada kelas eksperimen sebesar 0,7 dan pada kelas kontrol sebesar 0,5. Sedangkan perbedaan rata-rata nilai N-gain afektif pada kelas eksperimen sebesar 0,6 dan pada kelas kontrol sebesar 0,3. Kata kunci: LCDS, Hasil Belajar Kognitif dan Afektif, Suhu dan Kalor

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 46563649 . Digilib
Date Deposited: 24 Oct 2017 06:52
Terakhir diubah: 24 Oct 2017 06:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28813

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir