KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG DI HUTAN DESA CUGUNG KESATUAN PENGELOLAAN HUTAN LINDUNG MODEL RAJABASA KECAMATAN RAJABASA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

FRANS HAMONANGAN NAINGGOLAN, 1014081032 (2017) KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG DI HUTAN DESA CUGUNG KESATUAN PENGELOLAAN HUTAN LINDUNG MODEL RAJABASA KECAMATAN RAJABASA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (637Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2942Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Model Rajabasa merupakan wilayah yang mempunyai banyak potensi flora dan fauna. Hutan Desa Cugung merupakan salah satu langkah yang dilakukan pemerintah dalam mengoptimalisasikan pemanfaatan sumberdaya hutan di KPHL Model Rajabasa. Hutan Desa Cugung tersebut menjadi habitat bagi keberadaan burung-burung. KPHL Model Rajabasa belum memiliki data dan informasi tentang keanekaragaman burung pada kawasan tersebut, sehingga penelitian ini penting dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis burung dan status konservasi burung berdasarkan tiga kriteria, yaitu status jenis burung dilindungi menurut PP No.7 Tahun 1999, status peraturan perdagangan internasional menurut CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) dan status keterancaman menurut IUCN Red List (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources). Pengamatan keanekaragaman jenis burung dilakukan dengan metode IPA (Induces Ponctuel d’Abodance /indeks kelimpahan pada titik) atau point count dengan menggunakan lima point count selama 18 hari pada bulan November 2016. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di hutan Desa Cugung KPHL Model Rajabasa terdapat 30 spesies burung dengan total 3.556 individu yang berasal dari 14 famili dengan 10 jenis tergolong dalam status burung dilindungi (PP No.7/1999), tujuh jenis burung yang termasuk dalam kategori Appendix II CITES dan satu jenis burung termasuk kategori Near Threatened menurut status keterancaman IUCN Red List. Tingkat keanekaragaman jenis burung tergolong dalam kategori yang sedang (H’= 2,810) dengan kondisi tingkat kesamarataan yang stabil (J= 0,826). Kata kunci: burung, hutan Desa Cugung, keanekaragaman spesies, Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Model Rajabasa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Kehutanan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Kehutanan
Pengguna Deposit: 38842665 . Digilib
Date Deposited: 24 Oct 2017 06:44
Terakhir diubah: 24 Oct 2017 06:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28815

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir