PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI SISWA KELAS XI ISOS DI SMAN 1 KIBANG LAMPUNG TIMUR TP. 2016/2017

LISDA MASTINA , 1523031027 (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI SISWA KELAS XI ISOS DI SMAN 1 KIBANG LAMPUNG TIMUR TP. 2016/2017. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (157Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1643Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA ABB PEMBAHASAN.pdf

Download (1644Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam berargumentasi. Tujuan penelitian untuk mengembangkan modul pembelajaran Geografi berbasis Inkuiri yang layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa modul Geografi berbasis Inkuiri dengan materi Dinamika Kependudukan untuk kelas XI ISOS semester genap berdasarkan Kurikulum 2013. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini model Inkuiri dengan sintak 1) orientasi, 2) eksplorasi, 3) formasi konseptual, 4) aplikasi, dan 5) penutup. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa, ahli materi, ahli desain media, ahli bahasa, dan guru mata pelajaran Geografi sedangkan objeknya adalah modul pembelajaran Geografi. Tahap penyusunan modul mengacu pada pengembangan Borg and Gall meliputi tahap analisis, perencanaan, penyusunan produk, validasi ahli, revisi ahli, uji coba produk, dan revisi produk. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan angket, data hasil penelitian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dengan cara menghitung presentase skor dan menentukan kriteria kelayakan dan kepraktisan modul, efektivitas modul dilakukan melalui uji lapangan dan dihitung dengan menggunakan gain skor. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kemampuan argumentasi siswa sudah berada pada level 4 sebanyak 53% dan pada umumnya siswa sudah bisa membuat pernyataan (claim). Ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa. Kata Kunci: modul, model pembelajarn inkuiri, argumentasi abstract The problem in this research is the low of student’s ability in argumentation. The objective of this research is to develop geography learning module based on proper, practical and effective inquiry to improve student’s ability in argumentation. This is an improvement research that result a geography module based on inquiry as the product with demography dynamics materials for the students of class XI ISOS using the 2013 Curriculum. Model used in this research is inquiry model with syntax 1) orientation, 2) exploration, 3) conceptual formation, 4) application, and 5) closing. The subject in this research are students, material expert, media design expert, linguist, and geography teacher, while the object is geography module. The step of compiling module refers to Borg and Gall development which cover the step of analysis, planning, product compiling, expert validation, expert revision, try-out of the product and product revision. The data compiling was done by observation, interview, test and questionnaire, the result was analyzed by qualitative descriptive by counting the score percentage and determining the proper criteria and the practical of the module, module effectiveness was done by experiment and conuted by using gain score. Based on the result of the research is that the ability of student’s argumentation has been in the fourth level that is 55% and in general the student can make statement (claim). This shows that the developed module is proper, practical and effective to be used to improve student’s ability in argumentation. Key Words : module, inquiry learning model, argumentation

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: > G Geography (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: 85387686 . Digilib
Date Deposited: 25 Oct 2017 03:58
Last Modified: 25 Oct 2017 03:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28853

Actions (login required)

View Item View Item