PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN SIKAP SOSIAL SISWA

MASRUROTU ZAHARY, 1423021087 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN SIKAP SOSIAL SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2469Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2470Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRACT This development research aims to produce the product in the form of LKPD using multicultural approach, to determine the effectiveness of LKPD using multicultural approach, to improve the ability of understanding mathematical concepts and students' social attitudes. The study design and development follows 7 stages of Borg & Gall, such as: a preliminary study and data collection, planning, development of draft product, the initial field trials, revision of the results of trials, field trials, as well as the dissemination and implementation. The subjects of this research are students of MTs Negeri 1 Lampung Selatan 2016/2017 and some experts at every stage of development. The result of LKPD preliminary study which shows that LKPD development requaired using multicultural approach support learning process. The results showed that LKPD expert validation using a multicultural approach has met the eligibility standard content, media, and language as a whole. This is supported by the results of individual tests which indicate that LKPD using multicultural approach was in good category and appropriately used to improve the ability of mathematical concepts and social attitudes of students. The analysis of data have shown that an increase in the ability of understanding mathematical concepts and social attitudes after being given LKPD using a multicultural approach become effective on the ability of understanding mathematical concepts and quite effective on the students' social attitudes. Keywords: LKPD uses a multicultural approach, an understanding of mathematical concepts, students' social attitudes ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan LKPD menggunakan pendekatan multikultural, mengetahui efektivitas LKPD menggunakan pendekatan multikultural dalam meningkatkan kemampuan pemahaman kosep matematika dan sikap sosial siswa. Desain penelitian pengembangan mengambil 7 tahapan Borg & Gall, diantaranya yaitu: studi pendahuluan dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan, serta desiminasi dan implementasi. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa- siswi MTs Negeri 1 Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian pengembangan pada studi pendahuluan menunjukkan bahwa pengembangan LKPD menggunakan pendekatan multikultural sangat dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa LKPD menggunakan pendekatan multikultural telah memenuhi standar kelayakan isi, media, dan bahasa secara keseluruhan. Hal tersebut didukung dengan hasil uji perorangan yang menunjukkan bahwa LKPD menggunakan pendekatan multikultural termasuk dalam kategori baik dan tepat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dan sikap sosial siswa. Hasil analisis data pada uji coba lapangan telah menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dan sikap sosial setelah diberikan LKPD menggunakan pendekatan multikultural dengan kategori efektif pada kemampuan pemahaman konsep matematika dan cukup efektif pada sikap sosial siswa. Kata kunci: LKPD menggunakan pendekatan multikultural, pemahaman konsep matematika, sikap sosial siswa.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 25390914 . Digilib
Date Deposited: 26 Oct 2017 03:55
Terakhir diubah: 26 Oct 2017 03:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28927

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir