ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM RUBRIK ”BURAS” SURAT KABAR LAMPUNG POST DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

MUHAMMAD LUKMAN RIFAI , 1013041038 (2017) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM RUBRIK ”BURAS” SURAT KABAR LAMPUNG POST DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1623Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1335Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

MUHAMMAD LUKMAN RIFAI Penelitian ini mendeskripsikan bentuk dan faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode pada rubrik “Buras” surat kabar Lampung Post dan implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah rubrik “Buras” surat kabar Lampung Post. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara membaca dan mencatat data yang akan diteliti. Kajian alih kode dan campur kode dalam penelitian ini meliputi bentuk dan faktor penyebabnya. Berdasarkan penelitian, terdapat alih kode internal dan eksternal. Alih kode internal berlangsung dari bahasa Indonesia ragam baku ke bahasa Indonesia ragam santai. Alih kode eksternal berlangsung dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab dan Inggris. Faktor penyebab alih kode adalah mengutip pembicaraan orang lain dan mitra bicaranya lebih mudah. Selain itu, terjadi peristiwa campur kode dalam bentuk kata, frasa, dan klausa. Faktor penyebab terjadinya campur kode adalah keterbatasan penggunaan kode, penggunaan istilah yang lebih populer, faktor tempat tinggal dan waktu penuturan berlangsung, topik, fungsi dan tujuan sebuah tuturan, ragam dan tingkat tutura bahasa, untuk membangkitkan rasa humor, dan untuk sekadar bergengsi. Kaitannya dengan materi pembelajaran, alih kode dan campur kode pada rubrik “Buras” dalam surat kabar Lampung Post dapat dijadikan contoh penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan bidang ilmu yang menggunakannya. Kaitannya denga bahan ajar, kutipan alih kode dan campur kode rubrik “Buras” dalam surat kabar Lampung Post dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam pelajaran menganalisis dan menyunting teks editorial/opini. Kata Kunci: Alih kode, campur kode, pembelajaran, rubrik “Buras” surat kabar Lampung Post.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> NE Print media
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 04753711 . Digilib
Date Deposited: 30 Oct 2017 07:08
Terakhir diubah: 30 Oct 2017 07:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28961

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir