KURNIAWAN , 1523053017 (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN OTENTIK SIKAP SOSIAL BERDASARKAN KURIKULUM 2013 UNTUK SEKOLAH DASAR TAHUN 2017. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf Download (127Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2454Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2455Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya pemahaman guru kelas IV dalam mengembangkan instrumen penilaian otentik sikap sosial menggunakan teknik observasi pada Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrumen penilaian otentik sikap sosial terintegrasi pada kegiatan pembelajaran yang memenuhi kriteria penulisan dan memiliki validitas dan reliabilitas sebagai alat ukur. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Populasi penelitian ini adalah guru kelas IV berjumlah 30 orang guru. Pengambilan sampel ditentukan berdasarkan sampel jenuh, karena jumlah populasi relatif sedikit yaitu 30 orang guru kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan validasi ahli yang kompeten (expert judgment), validasi Konkuren (validasi empiris) dengan cara korelasi menggunakan rumus product moment dan menggunakan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Cohen’s Kappa. Hasil penelitian diperoleh adalah (1) terwujud produk instrumen penilaian otentik sikap sosial yang sudah memenuhi kriteria penulisan (2) menghasilkan produk instrumen penilaian sikap sosial yang valid dan reliabel sebagai alat ukur. Kata Kunci : instrumen penilaian otentik, sikap sosial, kurikulum 2013 ABSTRACT The problem of this research is the low level of understanding of grade 4 teachers in developing authentic assessment instrument of social attitude based on observation technique in Curriculum 2013. The purpose of this research is to develop an authentic assessment instrument of integrated social attitudes on learning activities that meet the criteria of writing and have the validity and reliability as a measuring tool. This research uses research and development model of Borg and Gall. The population of this research is teacher of class IV amounted to 30 teachers. Sampling that is 30 class IV teachers. Data collection techniques used observation techniques and questionnaires. Data analysis techniques use competent expert validation (expert judgment), Konkuren validation (empirical validation) by means of correlation using product moment formula and using reliability test using Cohen's Kappa formula. The result of the research is (1) realization of authentic assessment instrument of social attitude that has fulfilled the criteria of writing (2) to produce a product of social attitude assessment instrument that has validity and reliability as a measuring instrument. Keywords: authentic assessment instruments, social attitudes, curriculum 2013
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD |
Pengguna Deposit: | 98714449 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Dec 2017 06:51 |
Terakhir diubah: | 14 Dec 2017 06:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29256 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |