PEMBELAJARAN IPS MODEL STAD PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Lilian Mega Puri, 1223031024 (2017) PEMBELAJARAN IPS MODEL STAD PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (147Kb) | Preview
[img] FIle PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2291Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2292Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran IPS model STAD pada siswa sekolah menengah pertama, (2) mengetahui penerapan pembelajaran IPS model STAD dalam meningkatkan keterampilan sosial pada siswa sekolah menengah pertama. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Divisi Pencapaian-Tim Siswa (STAD). Sampel sebanyak 24 orang siswa kelas VIIH di SMP Negeri 4 Metro. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data deskriptif. Penelitian berjalan selama tiga siklus. Hasil penelitian adalah, Pertama, penerapan pembelajaran IPS model STAD pada siswa sekolah menengah pertama berjalan dengan sangat baik melalui setiap tahapan dalam model STAD. Kedua, penerapan pembelajaran IPS model STAD dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa yaitu (4) perilaku keterampilan sosial yang terbentuk pada siswa yaitu (1) berbagi informasi dan materi, (2) mendengar dan berbicara bergiliran, (3) bekerjasama dan saling menolong, (4) mengendalikan diri. Kata kunci : Pembelajaran IPS, STAD, Keterampilan Sosial abstract This research aims to (1) describes the aplication of social studies learning model of STAD in midle school students, (2) determine the aplication of social studies learning model of STAD to improve the social skill of midle school students. This is a Class Action Research by applying the model of cooperative learning’s method, Student Team-Acievement Division (STAD) that involved 24 students of seven grade in SMPN 4 Metro as sample. The data collection retrieved by observation and documentation using descriptive data analyze technique. This research ran for three cycles. The results are: First, the aplication of social studies learning model of STAD in midle shcool students proceed properly in every fase of STAD. Second, the aplication of social studies learning model of STAD increase the social skills, they are(1) sharing information and materials, (2) listening and speaking alternately, (3) cooperation and mutual help, and (4) self control. Keywords : Social Studies Learning, STAD, Social Skills

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > H Social Sciences (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 70827867 . Digilib
Date Deposited: 19 Dec 2017 07:04
Terakhir diubah: 19 Dec 2017 07:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29343

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir