R.IMAS AGUSLINA , 1313041067 (2017) PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU BAHASA INDONESIA DI KELAS VII K SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1708Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1709Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengelolaan kelas oleh guru Bahasa Indonesia di kelas VII K SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengelolaan kelas oleh guru dalam menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas untuk mencapai pembelajaran yang efektif. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah pengelolaan kelas dalam pelaksanaan pembelajaran yang meliputi sarana, prasarana, aktivitas belajar, dan kegiatan guru mengelola kelas untuk mencapai pembelajaran yang efektif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan rekaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas oleh guru Bahasa Indonesia sudah dilaksanakan dengan baik, guru dengan kemampuannya dapat mengondisikan kelas dengan optimal untuk mencapai pembelajaran yang efektif melalui dua proses yaitu menciptakan kondisi kelasuntuk mencapai pembelajaran yang efektif dan mempertahankan kondisi kelasuntuk mencapaipembelajaran yang efektif. Pelaksanaan menciptakan kondisi kelas untuk mencapai pembelajaran yang efektif, guru telah melakukan sesuai dengan apa yang terdapat dalam proses menciptakan kondisi kelas, yaitu ruangan tempat berlangsungnya proses belajar mengajar, pengaturan tempat duduk, ventilasi dan pengaturan cahaya, pengaturan penyimpanan barang-barang, tipe kepemimpinan, sikap guru, suara guru, pembinaan raport, penggantian pelajaran, guru berhalangan hadir, masalah antarpeserta didik. Proses menciptakan dalam pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru telah dilaksanakan sesuai dengan proses menciptakan kondisi kelas, namun terdapat kendala dalam kondisi fisik yaitu ruangan berlangsungnya proses pembelajaran yang tidak luas sehingga peserta didik tidak leluasa untuk bergerak. Pada pelaksanaan mempertahankan kondisi kelas, guru telah melaksanakan sesuai dengan apa yang terdapat dalam proses mempertahankan, yaitu disiplin, pelanggaran disiplin, penanggulangan disiplin, memantau peserta didik membuat transisi, memberikan tugas,dan menutup pelajarandalam proses mempertahankan kondisi kelas dilakukan dengan baik dalam pengelolaan kelas saat penelitian berlangsung. Kata kunci: pengelolaan kelas, menciptakan kondisi kelas, mempertahankan kondisi kelas.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 84675589 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Jan 2018 07:23 |
Terakhir diubah: | 02 Jan 2018 07:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29601 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |