KONTRIBUSI KEBIASAAN MEMBACA DAN PENGUASAAN MAKNA KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI

ADE ANGGRAINI KARTIKA DEVI, 1423041040 (2017) KONTRIBUSI KEBIASAAN MEMBACA DAN PENGUASAAN MAKNA KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3086Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (5Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa kontribusi: kebiasaan membaca terhadap kemampuan menulis teks eksposisi, penguasaan makna kata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi, serta kebiasaan membaca dan penguasaan makna kata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi kebiasaan membaca terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 21,8% dengan koefisien korelasi 0,467; kontribusi penguasaan makna kata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 24,6% dengan koefisien korelasi 0,496; kontribusi kebiasaan membaca dan penguasaan makna kata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 35,40% dengan koefisien korelasi 0,595. Penelitian ini memiliki implikasi penting terhadap upaya peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi dengan cara meningkatkan kebiasaan membaca dan penguasaan makna kata. Kata kunci: kebiasaan membaca, makna kata, menulis teks eksposisi ABSTRACT This study aims to find out some of the contributions: reading habits to the ability to write exposition, mastery of the meaning of words to the ability to write exposition, and as well as reading habits and mastery of the meaning of words to the ability to write exposition text. This research uses quantitative approach with ex post facto method. The result of research indicate that there is contribution of reading habits to ability of writing exposition text equal to 21,8% with correlation coefficient 0,467; the contribution of mastery of word meaning to the ability of writing exposition text of 24,6% with correlation coefficient 0,496; the contribution of reading habits and mastery of the meaning of the word together to the ability to write exposition text of 35,4% with a correlation coefficient of 0,595. This study has important implications for improving the ability to write exposition text by improving reading habits and mastery of word meaning. Key words: meaning of words, reading habits, writing exposition text

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 23645995 . Digilib
Date Deposited: 03 Jan 2018 05:04
Terakhir diubah: 03 Jan 2018 05:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29637

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir