PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA

Ristika, 1523021040 (2017) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (1535Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3066Kb) | Preview
[img] FIle PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3922Kb)

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis problem based learning (PBL) guna meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy siswa. Penelitian ini diawali dari studi pendahuluan (analisis kebutuhan), penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.7 dan VII.8 SMP N 1 Bandar Lampung. Data penelitian ini diperoleh melalui tes komunikasi matematis dan skala self efficacy. Hasil studi pendahuluan menunjukkan adanya kebutuhan dikembangkannya LKPD berbasis PBL. Penyusunan LKPD diawali dengan menyusun rancangan dan semua komponennya berdasarkan panduan penyusunan. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD telah memenuhi standar kelayakan isi dan desain. Hasil uji coba lapangan awal menunjukkan bahwa LKPD termasuk dalam kategori cukup baik. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa (1) aspek komunikasi matematis siswa cukup efektif dilihat dari rerata NGain sebesar 0,63 dimana masuk dalam kategori peningkatan sedang dan (2) self efficacy siswa cukup efektif dilihat dari rerata N-Gain sebesar 0,56 dimana masuk dalam kategori peningkatan sedang. Kata kunci: LKPD berbasis PBL, komunikasi matematis, self efficacy.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 77678457 . Digilib
Date Deposited: 03 Jan 2018 06:51
Terakhir diubah: 03 Jan 2018 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29638

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir