PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS DAN PEMAHAMAN KONSEP

DEVI INDAYANI , 1523021010 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS DAN PEMAHAMAN KONSEP. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2889Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2888Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2889Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dengan inkuiri terbimbing dan menguji efektivitasnya terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan disposisi matematis siswa. Tahapan pengembangan ini dimulai dari studi pendahuluan, penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Al-Hidayah Raman Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, tes pemahaman konsep matematis dan skala disposisi matematis. LKPD dengan inkuiri terbimbing yang dikembangkan telah valid menurut ahli materi dan ahli media. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis dan disposisi matematis siswa yang menggunakan LKPD dengan inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis dan disposisi matematis siswa yang tidak menggunakan LKPD dengan inkuiri terbimbing, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan inkuiri terbimbing efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan disposisi matematis siswa. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan LKPD dengan inkuiri terbimbing dikategorikan tinggi sedangkan peningkatan disposisi matematis siswa yang menggunakan LKPD dengan inkuiri terbimbing dikategorikan sedang. Kata kunci : pemahaman konsep, LKPD, inkuiri terbimbing, disposisi matematis. ABSTRACT This research was aimed to produce the student’s worksheet based on guided inquiry and find out it’s effectiveness towards the ability of understanding mathematical concept and mathematic disposition of students. The stages of development were research and information collecting, student’s worksheet prepartion, student’s worksheet validation, preliminary field testing and main field testing. The subject of this development research is the students grade X of Senior High School AL-Hidayah Raman Utara Lesson Year 2017/2018. The research data is obtained through observation, interview, expert validation test , student's ability of understanding mathematical test, and mathematic disposition scale. The student’s worksheet development was valid according to material and media expert. The result of main field testing showed that the ability of understanding mathematical mathematic disposition of students that used student’s worksheet based on guide inquiry more the ability of understanding mathematical and mathematic disposition of students that didn’t use student’s worksheet based on guide inquiry. In conclusion, the student’s worksheet based on guide inquiry was effective to increase ability of understanding mathematical and mathematic disposition of students. The improvement of students' ability of understanding mathematical using the student’s worksheet based on guided inquiry including high category while the improvement of student’s mathematic disposition using based on inquiry including medium category. Keywords: understanding concept, student’s worksheet, guide inquiry, mathematic disposition

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 50833275 . Digilib
Date Deposited: 04 Jan 2018 07:54
Terakhir diubah: 04 Jan 2018 07:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29703

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir