PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 3 PASURUAN KECAMATAN PENENGAHAN KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Rizki Novita Putri Ayudya, 1343053031 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 3 PASURUAN KECAMATAN PENENGAHAN KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (685Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (622Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil pencapaian kriteria ketuntasaan minimal mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV belum semua tuntas, karena (47,37%) dari 38 siswa belum mencapai standar. Siswa yang memiliki nilai lebih dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 52,63% dari 38 siswa. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen Semu (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 38 orang siswa dengan menggunakan total sampling. Data dikumpulkan dengan tes. Hasil penelitian diperoleh dari hasil belajar siswa setelah diberikan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan model pembelajaran berbasis masalah, diperoleh nilai rata-rata sebelum PBM adalah 50,0, dan hasil belajar setelah PBM sebesar 79,55, nilai sig 0,000. Kata kunci : model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar matematika abstract The results of the achievement of minimum criteria of math subjects in grade 4 students have not been completed, because (47.37%) of 38 students have not reached the standard. Students who have more value than the Minimum Criteria of Completeness (KKM) as much as 52.63% of 38 students. The purpose of this study to determine the effect of problem-based learning on mathematics learning outcomes. The type of research used is Pse Experiments (quasi experiment). The population in this research is the students of class IV of 38 students by using total sampling. Data collected by test. The result of the research was obtained from the result of the students learning after given the problem-based learning model is higher than before given the problem-based learning model, the average value before PBM is 50.0, and the learning result after PBM is 79,55, the value of sig 0,000 Keywords: problem based learning, mathematics learning outcomes

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 80173644 . Digilib
Date Deposited: 04 Jan 2018 07:43
Terakhir diubah: 04 Jan 2018 07:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29710

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir