PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM IPA TERPADU BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP IPA

RATNA DEWI ANDRIANI , 1423025012 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM IPA TERPADU BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP IPA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (174Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1331Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1330Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku petunjuk praktikum IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing yang memiliki validitas, kepraktisan, dan keefektivan dalam meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep IPA. Penelitian pengembangan ini meliputi tiga tahap yaitu studi pendahuluan, pengembangan dan pengujian. Tahap pendahuluan dan pengembangan menghasilkan buku petunjuk praktikum IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing. Validasi buku petunjuk praktikum dilakukan oleh validator yang ahli dalam bidang pendidikan IPA. Uji coba terbatas dilakukan pada 15 siswa kelas IX. Pengambilan sampel tahap pengujian menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, angket dan tes. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Validitas buku petunjuk praktikum IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep IPA memenuhi kriteria valid; 2) Kepraktisan buku petunjuk praktikum IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan efikasi diri dan penguasaan ii konsep IPA memiliki kepraktisan sangat tinggi; 3) Keefektivan buku petunjuk praktikum IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep IPA sangat tinggi. Kata kunci: Buku Petunjuk Praktikum, Inkuiri Terbimbing, Efikasi Diri, Penguasaan Konsep I abstract This research aims to produce guided books for integratid practicum in natural science based on guided inquiri. This research has found the validity, the high practical and the effectiveness in improving self efficacy to master the concept of natural science. This development research included three stages: preliminary, the development and testing. The preliminary stage and development resulted the guided book for practikum in natural science which performed by the relevan validators. Sampling of testing the data technique by teknik purposive sampling. The datas were collected by using observation, questionnaire, and test. The result of the research showed that: (1) The validation practicum quided of natural science book bassed on the guided inquiry is improved and could be used in increasing self efficacy and physical concept. (2) The practicality of the quided practicum book in natural science based on guided inquiry improving self efficacy and mastering of natural science concept had high execution lavel. (3) The iv effectiveness of practicum guided book of natural science based on guided inquiry improving self efficacy and mastering natural science concept is hight. Keywords: Practicum guided book, guided inkuiry, self eficacy, mastering of science concept

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: 40713817 . Digilib
Date Deposited: 05 Jan 2018 03:44
Terakhir diubah: 05 Jan 2018 03:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29730

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir