PENGARUH DOSIS DAN WAKTU APLIKASI PUPUK CAIR BIOSLURRY TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.)

MUHAMMAD ANDI SAFEI , 1214121136 (2017) PENGARUH DOSIS DAN WAKTU APLIKASI PUPUK CAIR BIOSLURRY TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1844Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1844Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Produksi kacang tanah yang terus menurun dapat diatasi dengan perbaikan teknik budidaya, salah satunya pemupukan. Pupuk organik hasil reaktor biogas atau lebih dikenal dengan pupuk Bio-slurry dapat dimanfaatkan untuk budidaya kacang tanah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh dosis pupuk Bio- slurry cair terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kacang tanah (2) Mengetahui pengaruh waktu aplikasi pupuk bio-sulrry cair terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kacang tanah (3) Mengetahui interaksi antara dosis dan waktu aplikasi pupuk bio-sulrry cair terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kacang tanah. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK), yang disusun secara faktorial dengan 2 faktor. Faktor pertama dosis pupuk bio- slurry yaitu 0 liter/ha (D1), 6 liter/ha (D2), 12 liter/ha (D3), 18 liter /ha (D4), dan Bio good 12 liter/ha (D5). Faktor kedua waktu aplikasi pupuk bio-slurry yaitu W1(aplikasi 1 kali pada 2 MST), W2 (aplikasi 2 kali pada 2MST dan 4 MST , dan W3 (aplikasi 3 kali pada 2 MST, 4 MST, dan 6 MST. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Homogenitas ragam diuji dengan uji barttlet, jika asumsi terpenuhi data dianalisis dengan sidik ragam. Perbedaan nilai tengah perlakuan akan diuji dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dosis pupuk organik cair Bio-slurry (6-24 liter/ha) meningkatkan tinggi tanaman 2 dan 6 MST, jumlah daun pada 2 MST, dan Umur Berbunga (2) Waktu aplikasi pupuk organik cair bio-slurry ( 2 MST; 2 dan 4 MST; 2, 4, dan MST) meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kacang tanah pada tinggi tanaman 2, 4 dan 6 MST, jumlah daun pada 2 MST, Jumlah cabang n+1, bobot berangkasan kering tanaman, bobot per petak panen, dan bobot 100 butir (3) Ada nteraksi antara dosis dan waktu aplikasi pupuk Bio-slurry dalam mempengaruhi pertumbuhan dan hasil tanaman kacang tanah. Kata kunci: Bio-slurry cair, dosis pupuk, hasil, pertumbuhan, waktu pemupukan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Pertanian ( Umum )
> Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Magister Agroekoteknologi
Pengguna Deposit: 38572372 . Digilib
Date Deposited: 30 Jan 2018 03:24
Terakhir diubah: 30 Jan 2018 03:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30010

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir