PEMBERIAN LATIHAN INTENSITAS SEDANG TERHADAP PENURUNAN KADAR TRIGLISERIDA DAN PENINGKATAN KADAR HIGH DENSITY LIPOPROTEIN (HDL) PADA MENCIT OBESITAS

Rama Agung Prakasa, 1418011171 (2018) PEMBERIAN LATIHAN INTENSITAS SEDANG TERHADAP PENURUNAN KADAR TRIGLISERIDA DAN PENINGKATAN KADAR HIGH DENSITY LIPOPROTEIN (HDL) PADA MENCIT OBESITAS. FAKULTAS KEDOKTERAN, S1 KEDOKTERAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (167Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2089Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2016Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Obesitas merupakan suatu kondisi abnormal tubuh dimana terjadi penumpukan lemak berlebih pada jaringan adiposa tubuh, sehingga menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan salah satunya adalah dislipidemia. Latihan fisik merupakan suatu upaya dalam menangani obesitas. Latihan fisik memiliki pengaruh yang baik terhadap tubuh, terutama dalam pencegahan penyakit kardiovaskuler. Penelitian ini meneliti tentang pemberian latihan intensitas sedang terhadap penurunan kadar trigliserida dan peningkatan kadar high density lipoprotein (HDL) pada mencit obesitas. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorium menggunakan posttest control group design. Penelitian dilakukan selama 35 hari. Sampel berupa mencit jantan dengan jumlah 36 sampel dibagi dalam 3 kelompok penelitian yaitu kelompok kontrol normal (K), kelompok kontrol obesitas (K2), kelompok perlakuan (P1) mencit obesitas + latihan intensitas sedang. Hasil : Hasil uji analisis menunjukkan adanya perbedaan bermakna pada kelompok pemeriksaan trigliserida (p=0,027) dan kelompok pemeriksaan HDL (p=0,001). Terdapat perbedaan bermakna antara kelompok K1 dengan kelompok K2 pada pemeriksaan trigliserida (p=0,042) dan perbedaan bermakna antara kelompok K2 dengan kelompok P1 pada pemeriksaan HDL (p=0,001). Simpulan: Latihan intensitas sedang tidak dapat menurunkan kadar trigliserida, namun dapat meningkatkan kadar HDL pada mencit obesitas. Kata kunci : high density lipoprotein, latihan intensitas sedang, obesitas, trigliserida.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > R Medicine (General)
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 27502521 . Digilib
Date Deposited: 30 Jan 2018 04:39
Terakhir diubah: 30 Jan 2018 04:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30018

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir