HUBUNGAN SKOR GLASGOW COMA SCALE (GCS) DENGAN KADAR GLUKOSA PADA PASIEN CEDERA KEPALA DI IGD RSUD Dr. H. ABDUL MOELOEK PERIODE JANUARI SAMPAI MARET 2017

Sutansyah Ahmad Iman, 1418011207 (2018) HUBUNGAN SKOR GLASGOW COMA SCALE (GCS) DENGAN KADAR GLUKOSA PADA PASIEN CEDERA KEPALA DI IGD RSUD Dr. H. ABDUL MOELOEK PERIODE JANUARI SAMPAI MARET 2017. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK HUBUNGAN SKOR GLASGOW COMA SCALE (GCS) DENGAN KADAR GLUKOSA PADA PASIEN CEDERA KEPALA DI IGD RSUD DR. H. ABDUL MOELOEK PERIODE JANUARI SAMPAI MARET 2017 Oleh SUTANSYAH AHMAD IMAN Latar belakang: Kejadian cedera kepala merupakan fenomena yang tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi. Respon stres akan timbul setelah kejadian cedera kepala yang menyebabkan kadar glukosa meningkat dan penurunan kesadaran. Penilaian kesadaran dapat dilakukan dengan menghitung skor Glasgow Coma Scale (GCS) yang bersifat objektif dengan nilai baku yang tertera. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah adanya hubungan skor Glasgow Coma Scale (GCS) dengan kadar glukosa pada pasien cedera kepala di IGD RSUD Dr. H. Abdul Moeloek periode Januari sampai Maret 2017. Metode: Penelitian ini menggunakan data sekunder, melihat data rekam medis pasien instalasi gawat darurat (IGD) dengan sampel sebesar 160 sampel. Data rekam medis dilihat skor GCS dan kadar glukosa pasien cedera kepala. Hasil: Hasil penelitian didapatkan penyebaran data GCS dengan nilai maksimum 15 dan minimum 6, serta dengan nilai tengah 15. Penyebaran data kadar glukosa dengan nilai maksimum 343 dan minimum 54, serta nilai tengah 121. Hasil uji korelasi nonparametrik (spearman) menunjukkan angka koefisien korelasi sebesar -0,339 dengan P value sebesar 0,00. Simpulan: Terdapat hubungan terbalik yang bermakna (reverse correlation) antara skor GCS dengan kadar glukosa pada pasien cedera kepala di IGD RSUD Dr. H. Abdul Moeloek periode Januari sampai Maret 2017. Kata kunci: Cedera kepala, Glasgow Coma Scale, Glukosa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > R Medicine (General)
> RG Gynecology and obstetrics
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 30239938 . Digilib
Date Deposited: 30 Jan 2018 08:28
Terakhir diubah: 30 Jan 2018 08:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30049

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir