EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROSEDUR KLAIM RSUD. JEND. A. YANI KOTA METRO KEPADA BPJS KESEHATAN CABANG METRO

GUSTIAN ISTIQOMAH, 1316041032 (2018) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROSEDUR KLAIM RSUD. JEND. A. YANI KOTA METRO KEPADA BPJS KESEHATAN CABANG METRO. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (143Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1145Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1146Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pelaksanaan Prosedur Klaim RSUD. Jend. A. Yani Kota Metro kepada BPJS Kesehatan Cabang Metro dimulai dengan penandatanganan kerjasama. RSUD Jend A. Yani sebagai pihak penyedia pelayanan kesehatan. dan BPJS Kesehatan Cabang Metro berkewajiban melakukan pembayaran klaim kepada rumah sakit atas pelayanan kesehatan yang telah diberikan. Untuk mendapatkan pencairan dana klaim tersebut, rumah sakit mengajukan tagihan klaim kepada BPJS Kesehatan. Terdapat beberapa syarat dalam pelaksanaan prosedur klaim rumah sakit kepada BPJS Kesehatan, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah efektivitas pelaksanaan prosedur klaim RSUD Jend. A. Yani Kota Metro pada BPJS Cabang Metro. Serta mengetahui efektivitas pelaksanaan prosedur klaim dengan menggunakan pendekatan efektivitas dan konsep manajemen administrasi rumah sakit. Guna menilai tingkat efektivitas pelaksanaan prosedur klaim RSUD Jend. A. Yani Kota Metro kepada BPJS Cabang Metro. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan melalui pengamatan dan wawancara kepada beberapa informan terkait pelaksanaan prosedur klaim yang menunjukkan apakah pelaksanaan prosedur klaim di RSUD Jend. A. Yani Kota Metro dan BPJS Kesehatan Cabang Metro dapat dikategorikan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan prosedur klaim RSUD Jend. A. Yani Kota Metro kepada BPJS Kesehatan belum efektif. Hal tersebut disimpulkan dari hasil penelitian dengan berdasarkan pendekatan sasaran, pendekatan sumber, pendekatan proses yang dikemukakan oleh Hari Lubis dan Martani Huseini. Adanya keterlambatan pengumpulan berkas klaim, berkas klaim susulan, kesalahan pengkodean diagnosis dan sebagainya yang menjadi faktor penghambat efektivitas pelaksanaan prosedur klaim RSUD Jend. A. Yani Kota Metro kepada BPJS Kesehatan Cabang Metro. Kata Kunci : Efektivitas,Prosedur Klaim, RSUD Jend. A. Yani Kota Metro, BPJS Kesehatan Cabang Metro abstract Implementation of the RSUD.Jend. A. Yani Metro City claims procedure to BPJS Kesehatan Metro Branch start from signature of MoU (Memorandum of Understanding). RSUD Jend. A. Yani as a health services and BPJS Kesehatan Metro Branch is obligated to make payment of claims to hospitals over health services that has been given. To get the claims fund, hospital have to submit the claim bills to BPJS Kesehatan. There are several terms in the implementation procedure of hospital claims to BPJS Kesehatan. This research aims to knowing how the effectiveness of the implementation of RSUD. Jend. A. Yani Metro City claims procedure to BPJS Kesehatan Metro Branch. As well as knowing the effectiveness of the implementation of claims procedure by using effectivenessapproach and concept of hospital management administration. To assesthe effectiveness of the implementation of RSUD.Jend. A. Yani Metro City claims procedure to BPJS Kesehatan Metro Branch. This research uses qualitative-descriptive method. This research was carried out thought observation and interview to several sources related implementation claims procedure which indicate whether the implementation of RSUD Jend. A. Yani Metro City claim procedures and BPJS Kesehatan Metro Branch can be called effective. The result showed that the implementation of TheRSUD Jend. A. Yani Metro City claims procedure to BPJS Kesehatan Metro Branch has not been effective. That’s inferred from the research based on goal approach, system resource approach, and internal procces approach express by Hari Lubis and Martani Huseini. The existence of the overdue in collection of claim files, the continuation of claim file, mistake in encoding of diagnosis and others those was detain the effectiveness of the implementation of The RSUD Jend. A. Yani Metro City claims procedure to BPJS Kesehatan Metro Branch. Key Word :Effectiveness,Claims Procedure, RSUD Jend. A. YaniMetro City, BPJS KesehatanMetro Branch

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HM Sociology
> JS Local government Municipal government
> RA Public aspects of medicine
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 51155533 . Digilib
Date Deposited: 31 Jan 2018 07:09
Terakhir diubah: 31 Jan 2018 07:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30088

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir